1. Entrepreneur

Tips Menikmati Musik Terbaik Spotify Lite Tanpa Menguras Kuota Data

Hemat data bukan berarti gak bisa asyik bermusik

Kabar baik buat sobat, Spotify Lite kini sudah bisa diunduh di Indonesia, artinya Anda yang punya perangkat dengan resource terbatas, RAM kecil, memori minimalis dan jangkauan internet yang sulit, kini ada solusi yang lebih bersahabat.

Bersamaan dengan momen itu, redaksi Dailysocial menghadirkan tips agar Anda dapat mengoptimalkan penggunan Spotify Lite, menikmati musik-musik terbaiknya tapi tetap hemat kuota.

Membatasi Konsumsi Data

Secara tampilan depan, Spotify Lite tak kalah keren dengan versi standarnya. Tapi untuk urusan kuota, Spotify Lite akan memanjakan Anda, di mana bagian Settings ada beberapa fitur tambahan yang tidak ditemukan di versi standar. Salah satunya adalah fitur pembatas konsumsi data.

  • Tap tombol gear di kanan atas, kemudian tap Mobile Data.

  • Selanjutnya, di panel ini Anda bisa memilih sendiri berapa batas maksimal kuota yang bisa dipakai oleh Spotify Lite setiap bulannya. Pilihannya mulai dari 250MB hingga 3GB.

Memilih Kualitas Audio

  • Fitur kedua ini juga bisa ditemukan di Spotify standar, hanya saja di versi Lite ini, Spotify kelihatan lebih agresif memangkas konsumsi data. Fitur ini juga ditemukan di menu Setting, kemudian pilih Audio Quality dan tentu sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Jika ingin hemat, maka pilih opsi Basic yang hanya akan memakan kuota sebesar 0.5MB per lagunya. Semakin tinggi pilihan maka semakin besar data yang dibakar.

Fitur Download

  • Fitur download juga bisa ditemukan di Spotify versi standar, begitu juga dengan pilihan koneksi yang dipakai. Secara default, Spotify Lite memilih koneksi WiFi untuk mengunduh lagu. Tapi, jika tetap ingin menggunakan kuota data seluler, maka Anda perlu menyesuaikan pengaturannya terlebih dahulu.
  • Caranya tap Setting - Download Settings, kemudian aktifkan opsi Download using cellular.

  • Nah setelah pengaturan di atas selesai, baru buat daftar putar baru, caranya tap menu Favorites, kemudian Create Playlist.

  • Buat nama playlist Anda, bebas mau apa aja dan klik Next.

  • Baru kemudian pilih lagu yang ingin dimasukkan ke dalam playlist.

  • Jika sudah ditambahkan, kembali ke menu Favorites dan tap salah satu playlist Anda. Selanjutnya tap tombol Download untuk mengunduh lagu-lagu di dalam daftar putar.
  • Kualitas unduhan akan mengikuti pengaturan di step sebelumnya, yaitu di pengaturan Audio Quality. Unduhan ini akan tersimpan di memori perangkat, sehingga bisa diputar tanpa menggunakan koneksi internet. Jadi lebih hemat data kan?

Sementara itu dulu, semoga tips ini bermanfaat. Selamat menikmati lagu-lagu favorit Anda. Oya, untuk Anda yang setia menggunakan Spotify standar, kami juga punya tips yang sama lho, baca di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again