9 September 2018

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] 8 Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android yang Makin Loyo

Performa smartphone semakin lama cenderung makin menurun, lakukan tips ini untuk mengembalikan performanya

Merasa ada perubahan dengan kecepatan smartphone Android Anda? Jangan panik, menurunnya performa smartphone Android tidak selalu disimpulkan rusak. Android merupakan sistem operasi modern, sehingga lebih kompleks, butuh perlakuan dan perawatan ekstra. Nah, berikut ini adalah tips meningkatkan performa kecepatan smartphone Android yang lamban.

  • Pasang Aplikasi Versi Ringan (Lite)

Memang mustahil bagi semua orang untuk melakukan upgrade peragkat keras yang ada di smartphone. Tapi saat performa smartphone menurun, mungkin ada baiknya Anda lebih bijak memilih versi aplikasi yang lebih ramah. Untungnya, sekarang ada banyak sekali versi ringan atau lite yang memang dirancang untuk mengatasi hal semacam ini. Beberapa aplikasi versi ringan yang bisa Anda pergunakan, antara lain:

  1. Facebook Lite
  2. Messenger Lite
  3. Twitter Lite
  4. Line Lite
  5. Shazam Lite
  6. PhotoGrid Lite
  7. Camera 360 Lite
  8. Clean Master Lite
  • Menghentikan Proses Aplikasi di Belakang Layar

Beberapa perangkat Android memiliki kemampuan multitasking yang sangat baik, namun tentu kemampuan perangkat ada batasnya, semahal apapun. Di Android sebagian besar aplikasi mempunyai ijin akses untuk berjalan di belakang layar atau menolak berhenti meskipun aplikasi sudah Anda tutup.

Alhasil, perangkat dipaksa untuk memproses semua perintah dalam waktu yang bersamaan, bahkan tak jarang ditambah dengan perintah baru yang datang dari pengguna saat membuka aplikasi atau game baru. Solusinya, pasang aplikasi task killer yang berfungsi untuk mematikan semua aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Berikut ini beberapa saran aplikasi task killer yang dapat Anda coba:

  1. Task Manager – Free
  2. Super Task Killer – Free
  3. Go Cleaner & Task Manager – Free
  4. Task Manager – Free
  5. Simple Task Killer – Free
  • Pindahkan Data-data Besar ke Memori Eksternal dan Beralih ke Memori Class 10

Kapasitas memori internal perangkat Android berbeda tergantung kelasnya. Walau begitu, alokasi data menjadi sangat penting sebab bila memori internal memikul beban yang terlalu banyak dapat mengakibatkan perangkat berjalan sangat lamban. Untuk itu cobalah untuk memindahkan beberapa data misalnya musik, foto, video dan aplikasi berukuran besar ke memori eksternal.

Kemudian untuk mempercepat kinerja smartphone Android, gunakanlah memori eksternal Class 10. Memang lebih mahal tapi sebandingkan dengan performanya.

  • Matikan Fitur Auto-rotate

Fitur auto-rotate ini memungkinkan kita untuk mendapatkan orientasi layar sesuai dengan posisi perangkat secara otomatis. Biasanya pengguna Android selalu mengaktifkan fitur ini, tetapi dampaknya justru membuat perangkat bekerja lebih keras.

  • Copot Aplikasi atau Game yang Tidak Penting

Cara mempercepat performa smartphone Android berikutnya dapat dengan mencopot aplikasi atau game yang tidak penting, misalnya aplikasi Chrome. Matikan saja jika Anda sudah punya Opera Mini. Atau sebaliknya.

Kemudian nonaktifkan aplikasi bawaan yang juga tidak pernah digunakan, silahkan tapmenu - Settings - App dan geser ke bagian  All, di sana Anda akan temukan daftar seluruh aplikasi di perangkat Anda. Pilih yang tidak pernah digunakan dan tap Disable. Tapi hati-hati, jangan sampai mematikan aplikasi pendukung sistem. Lakukan hanya jika Anda merasa yakin tidak akan merusak software perangkat.

  • Kurangi Jumlah Widget di Home Screen

Anda harus tahu bahwa Widget itu bukan aplikasi vital, tapi hanya elemen tambahan pendukung aplikasi yang bisa kita hapus tanpa mempengaruhi aplikasi tersebut. Saat diaktifkan widget berjalan terus di belakang layar, sehingga mengkonsumsi banyak resource RAM. Hasilnya perangkat terasa lebih lambat. Untuk itu kurangi atau hindari menggunakan widget secara berlebihan.

  • Hindari Penggunaan Live Wallpaper

 

Live wallpaper memang cantik, tapi karena fitur ini terus bergerak sehingga membuat CPU perangkat terus bekerja tanpa henti. Selain itu live wallpaper juga boros baterai.

  • Gunakan Launcher yang Sederhana

Launcher bawaan biasanya dirancang untuk memberikan performa terbaik pada perangkat. Hanya saja beberapa orang tak menyukai desainnya yang monoton. Solusinya, pasanglah aplikasi launcher dari pihak ketiga, namun pastikan launcher tersebut memiliki kapasitas berkas yang rendah dan tidak membebani perangkat secara berlebihan.

Itu dia beberapa tips meningkatkan performa smartphone Android, silahkan dipraktikan dan semoga bermanfaat!

Sumber gambar header Pixabay.