Rasa tegang menghampiri saya, tatkala tinggal tersisa sekitar 10 pemain. Area map terus menyempit, bersama dengan satu pemain tim yang tersisa (dua pemain lain telah gugur), kami mondar mandir berpatroli menggunakan mobil.

Sayangnya ketika sampai di sebuah rumah kami ‘diciduk’, diberondong dari berbagai arah dan tamat. Rasanya kesal sekali, hanya sedikit lagi saya bisa meraih kemenangan. Merasa tak terima, membuat saya ingin kembali bermain, lagi dan lagi.

Fenomena PUBG Mobile tak hanya saya rasakan sendiri, teman-teman sekantor bahkan ada yang lebih ‘gila’. Kadang bila main bersama, pun menimbulkan kericuhan dan teriakan tak bisa ditahan. Dari pengalaman saya dan teman-teman yang lain tersebut, inilah tips bermain game battle royale PUBG Mobile untuk pemula untuk menjadi last man standing dan mendapatkan winner chicken dinner yang lezat.

1. Menguasai Kontrol

tips-menjadi-last-man-standing-di-pubg-mobile

Dari dulu saya kurang suka bermain game FPS di smartphone, karena kontrol permainannya ‘mengerikan’ dan game shooter memang paling nyaman bila dimainkan di PC dengan keyboard dan mouse. Demikian juga PUBG Mobile, kontrol permainannya lumayan bikin frustasi. Nah yang kita butuhkan ialah pembiasaan dan pahami baik-baik kontrol yang disediakan.

Coba perhatikan bagian atas dari kanan ke kiri, di situ kita bisa menemui mini map, lalu disebelahnya berjejer tombol pengaturan game, serta opsi untuk menyalakan speaker dan mic. Lalu di tengah atas ada kompas atau penunjuk arah, dan paling kiri atas ada status jumlah pemain yang masih hidup dan yang berhasil kita bunuh.

Lanjut ke bagian kanan bawah, di situ kita menemukan tombol tembak, di temani beberapa tombol untuk lompat, merunduk, tiarap, dan isi ulang senjata. Sementara di bagian kiri ada virtual analog, tas untuk mengakses persediaan, dan juga tombol tempak.

Setelah memahami fungsi-fungsinya, sebelum berharap bisa menang di PUBG, coba bermain dulu dengan santai untuk membiasakan diri akan kontrol permainan yang ada. Terus yang tak kalah penting lagi dan harus dikuasai ialah kemampuan membawa kendaraan.

2. ‎Lokasi Terjun yang Tepat

Ingatlah tujuan kita ialah hidup lebih lama dari 99 pemain lain, jadi Anda ingin mendarat di spot terbaik yang penuh item bagus dan langsung melakoni pertempuran intense atau memilih mendarat agak ke pinggir map yang cenderung lebih aman dengan resiko dikejar-kejar penyempitan zona aman?

Bagi pemula, lebih baik memilih opsi yang kedua. Sebelum melompat dari pesawat, perhatikan jumlah pemain yang masih di dalam kabin dan tunggu hingga sedikit, tapi jangan sampai melompat benar-benar di pinggir map.

Setelahnya, langsung cari pendaratan yang paling dekat rumah atau bangunan lain untuk mendapatkan senjata dan perlengkapan lainnya.

3. Bekali Anda dengan Senjata dan Perlengkapan Terbaik

Bila Anda sudah mengetahui level senjata yang ditemukan, Anda bisa melewati tips ini. Namun bila Anda tidak mengetahui jenis-jenis senjata dan perlengkapannya, Anda perlu mengaktifkan fitur ‘ambil otomatis’. Tidak perlu semua perlengkapan yang kita temui dipungut.

Coba cek ke ‘pengaturan game‘, terus pilih opsi ‘bawa’ dan pastikan fitur ‘ambil otomatis’ telah aktif. Bagi pemula fitur ini sangat berguna, karena Anda akan mengambil otomatis senjata atau mengganti otomatis senjata yang lebih kuat beserta amunisi, perlengkapan seperti ransel, helm, rompi, dan barang medis.

Bila memasuki sebuah rumah, jangan lupa tutup kembali pintunya untuk menghindari penyergapan musuh. Sebaliknya, justru biar Anda yang bisa menyergap musuh.

4. Playzone PUBG

tips-menjadi-last-man-standing-di-pubg-mobile

Kalau sudah mendapatkan perlengkapan yang memadai, saatnya memperhatikan penyempitan zona aman yakni lingkaran biru, serangan udara lingkaran merah, dan ‘playzone‘ atau lingkaran putih.

Menyisirlah dengan kendaraan untuk perlahan berpindah ke pusat zona aman, jangan sampai terlambat memasuki lingkaran putih. Bila lokasi Anda akan memasuki lingkaran merah, itu menandakan akan terjadi serangan udara, berlindunglah dari ledakan dengan masuk ke dalam bangunan atau menjauh dari lingkaran merah hingga zona tersebut hilang.

Bila sudah waktunya memasuki lingkaran putih, maka bersiap-siaplah dengan pertempuran super intense yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jangan terlalu lama di tempat terbuka, lebih baik menunggu di bangunan dan bergerak menggunakan kendaraan.

5. ‎Menembak dan Bertahan Hingga Akhir

Carilah posisi yang baik untuk menembak dan bisa memberikan Anda perlindungan dari serangan balik musuh, misalnya dari dalam bangunan. Bila bertemu musuh di tempat terbuka, cobalah terus bergerak sambil membidik musuh, jangan merunduk dan berdiam diri karena Anda akan menjadi sasaran empuk.

Verdict

1523507974104

Tujuan utama game PUBG Mobile adalah menjadi satu-satunya yang bertahan hidup. Bukan fokus membunuh musuh, bahkan bila Anda memiliki senjata yang sangat kuat seperti M164A yang bisa mengeker musuh dari jarak jauh. Anda tetap memerlukan stategi untuk mendapatkan winner winner chicken dinner, bila tak menjadi last man standing – menempati 10 besar juga sudah bagus untuk meningkatkan ranked dan level karakter kamu dengan cepat.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.