1. Startup

Tips Menjaga Waktu Produktif dalam Keseharian

Memastikan hari-hari kita menghasilkan nilai produktif

Pernah mengalami keadaan ketika kita memiliki banyak pekerjaan namun terasa begitu sedikit apa yang dikerjakan hari ini? Biasanya hal ini sering kali terjadi untuk pekerja seperti kita yang produktif menggunakan komputer. Ya, tak lain gangguan pribadi yang sering kali menghambat produktivitas kita dalam bekerja. Kendati pekerjaan yang harus kita kerjakan masih dalam cakupan keterampilan yang kita miliki, namun pengelolaan waktu yang salah tetap akan memberikan hasil yang tidak efisien.

Dipahami bahwa tidak di setiap waktu seseorang berada di fase "fit" dalam mengerjakan kegiatan produktifnya. Sering kali godaan seperti media sosial atau hiburan online mengganggu saat jam produktif. Apalagi ketika di kantor biasanya dimanjakan dengan konektivitas internet yang lebih kencang. Namun ternyata dengan manajemen yang baik, pekerjaan yang menumpuk tersebut tetap bisa selesai pada waktunya. Dan berikut ini tiga tips yang bisa diterapkan untuk senantiasa produktif dan meminimalisir terpengaruhnya kita terhadap gangguan pribadi saat jam produktif.

(1) Mengidentifikasi pekerjaan sesuai urgensinya

Banyak hal yang harus kita kerjakan dalam jam produktif kita. Namun alangkah lebih baik jika kita mampu menguraikan apa saja yang harus dikerjakan, kemudian mengurutkan berdasarkan kadar urgensi (mana yang lebih penting. Dengan ini kita akan tahu mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Dengan mengetahui apa saja yang penting untuk dikerjakan, secara tidak langsung umumnya orang akan lebih memikirkan untuk menyelesaikannya. Hal ini sekaligus dapat dijadikan sebagai input untuk penjadwalan pribadi, sekaligus sebagai pengingat. Beberapa aplikasi penjadwalan dan penugasan bahkan kini sudah bisa diberikan kadar prioritas untuk mendukung kegiatan ini.

(2) Tetapkan tujuan secara jelas

Sangat mudah dan cepat waktu dalam sehari untuk terlewatkan begitu saja. Bermain-main dengan media sosial atau game untuk pekerja kantor misalnya, tanpa sadar akan mengantarkan kita di penutup hari tanpa sesuatu yang bernilai dalam produktivitas kita. Tapi bagi kita yang mau secara rutin menetapkan apa goal yang ingin dicapai hari ini, maka kita akan selalu berpegang untuk menggapainya.

Beberapa kisah orang sukses yang pernah dibukukan tidak semua memiliki penjadwalan yang rapi dalam aktivitas hariannya. Tapi hampir dapat dipastikan mereka selalu memiliki goal yang jelas, tentang apa yang harus mereka gapai dan kapan waktunya. Jadi dengan memberikan kejelasan pada tujuan yang ingin dicapai pada hari ini, akan mengantarkan setiap aktivitas yang kita lakukan merujuk pada pencapaian tujuan tersebut.

(3) Abaikan kebisingan di lingkungan sekitar

Gangguan akan senantiasa menghampiri, ntah dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Bahkan perencanaan yang sudah tertata baik pun dapat gugur jika kita tak mampu mengabaikan kebisingan tersebut. Gangguan tidak melulu dari hal yang besar, beberapa hal sepele juga dapat mengganggu produktivitas, misalnya saja terlalu lama bersantai menggosip di ruang kerja.

Namun dengan disiplin menjalankan dua proses yang ada sebelumnya, seharusnya kita sudah mampu membedakan, mana yang harus kita prioritaskan untuk dilakukan dan mana yang perlu kita lewatkan. Kita harus mau belajar memilah apa yang lebih penting, untuk menjadikan hari produktif kita lebih efisien. Jika gangguan itu datang dari orang lain, utarakan urgensi kegiatan yang harus dilakukan, biasanya juga akan memotivasi orang lain untuk sadar akan aktivitas yang harus dilakukan.

Pendekatan strategis ini tak sulit dilakukan, tujuannya untuk mengelola waktu. Selamat mencoba, semoga perubahan besar dalam kita menyikapi waktu produktif kita dapat membawakan nilai yang lebih berarti. Semoga kita makin terhindar dengan menumpuknya pekerjaan yang sulit diurai.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again