Categories

Tips & Trik

Tips Merawat Laptop Agar Berumur Panjang

Bambang Winarso - 10 November 2014

Merawat laptop sam halnya dengan merawat hewan peliharaan atau benda-benda kesayangan Anda lainnya. Dengan perawatan yang benar, laptop dapat berusia lebih panjang ketimbang laptop yang asal pakai. Berikut ini adalah tips merawat laptop agar panjang umur dan awet.

Bersihkan Dari Debu Secara Teratur

Tips merawat laptop paling utama adalah membersihkan laptop dari partikel debu yang menempel. Debu memang berukuran sangat kecil, tapi justru ukurannya yang kecil itulah debu dapat masuk ke dalam komponen laptop dan perlahan menggerogotinya. Debu dapat merusak daya hantar komponen, akibatnya laptop jadi lebih lambat, lebih cepat panas dan kemungkinan terburuk lebih cepat masuk rumah sakit alias bengkel.

Bersihkanlah laptop minimal satu minggu sekali, caranya dengan menyeka permukaan laptop menggunakan kain yang lembut. Penggunaan cairan pembersih laptop juga dapat dijadikan pilihan. Membersihkan debu juga berarti menghindarkan laptop dari debu, untuk itu letakkanlah laptop di tempat-tempat yang tidak berdebu baik ketika menggunakan ataupun menyimpan.

 

 

Info Menarik: Siap-Siap, Mulai Minggu Ini Android Lollipop Mendarat di LG G3

 

 

Simpan Laptop di Tempat yang Dingin dan Jauh Dari Cairan

Panas sinar matahari yang langsung mengenai laptop dapat merusak komponen di dalamnya. Begitu juga cairan. Untuk itu, simpanlah laptop saat tidak digunakan di tempat-tempat yang terhindari panas matahari dan cairan entah itu dari air hujan, air minum atau pun cairan lainnya.

Simpan Laptop di Tempat yang Rata dan Jauh Dari Jangkauan Anak-anak

Permukaan yang tidak rata dapat mengakibatkan laptop tidak diam dengan stabil, resikonya bila mendapatkan tekanan dapat mengakibatkan komponen rusak atau bahkan patah. Jauhkan pula laptop dari jangkauan anak-anak agar terhindari banyak kemungkinan buruk.

Install-lah Aplikasi atau Game yang Perlu Saja

Tahukah Anda berapa banyak jumlah aplikasi dan game yang ada di dunia ini? Tidak terbatas, bahkan belum ada jumlah tepatnya. Sebagian besar dari aplikasi tersebut menawarkan fungsi yang sama, untuk itu pastikan aplikasi yang Anda instal benar-benar dibutuhkan dan tidak berfungsi sama. Tujuannya agar laptop bekerja sesuai porsinya.

Jangan Sembarang Mengunduh Konten, Aplikasi dan Game

Sedikit sekali dari kita yang mau memeriksa dahulu seberapa aman konten, aplikasi dan game yang ditawarkan secara gratis. Padahal dengan memastikan keamanan aplikasi ataupun konten, kita sudah menghindarkan resiko serangan virus terhadap laptop dan itu jadi salah satu cara merawat laptop agar berumur panjang.

Anda boleh kok mengunduh aplikasi, lagu, film atau game. Tapi pastikan dahulu konten-konten tersebut tidak membahayakan laptop Anda.

Hindari Benda-Benda Yang Memancarkan Medan Elektromagnetik

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang memberikan bukti otentik perihal pengaruh medan elektromagnetik di perangkat-perangkat seperti smartphone, speaker dan televisi terhadap laptop. Namun di skala yang sangat besar memang terbukti magnet dapat merusak komponen laptop.

Tetapi untuk langkah pencegahan, rasanya cukup berasalan dan tidak ada salahnya menghindarkan barang-barang mengandung magnet dari laptop Anda.

 

 

Info Menarik: Blogger Blueprint Episode 2: Tips Optimasi SEO On Page

 

 

Lakukan Pemeriksaan Virus Secara Berkala

Pemeriksaan virus sangat penting untuk dilakukan secara rutin, sebab setiap hari virus terus berkembang entah itu dengan definisi ataupun dengan nama baru. Melakukan pemeriksaan secara rutin akan membuat laptop Anda selalu bersih dari infeksi virus berbahaya. Langkah ini dapat jadi salah satu pencegahan terjadinya hal-hal yang lebih buruk.

Lakukan Perbaikan System Error, Bad Sector dan Defrag Secara Rutin

System error berpotensi membuat laptop menjadi lamban, lama-lama rusak juga. Sementara bad sector membuat performa hard disk memburuk bila tidak segera ditangani. Untungnya Windows sudah dilengkapi dengan tool untuk mengatasi kedua masalah klasik ini. Caranya klik kanan di disk D atau C, kemudian klik menu tab Tool dan temukan menu Check Now dan Defrag now….

tips merawat laptop_1

Kemudian lakukan pula defrag setelah menyeleasikan masalah di atas sebagai langkah pamungkas.

Itu dia tips merawat laptop agar lebih awet dan panjang umur, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tips-tips lainnya.

Ilustrasi: Toshiba

activate javascript

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id