1. Startup

Lima Langkah Mengoptimasi Keberadaan Aplikasi di Toko Aplikasi Online

App Store Optimization berfungsi meningkatkan rating, pendapatan, hingga jumlah pengguna

Sebelum mempublikasikan aplikasi ke toko aplikasi, seperti App Store atau Google Play Store, ada baiknya Anda mengetahui dengan jelas apa itu fungsi dari ASO atau App Store Optimization. ASO berfungsi layaknya SEO bagi situs, menjadi "lead" untuk membawa pengguna melihat aplikasi Anda. Ketika user sudah melihat, hal selanjutnya yang penting dilakukan adalah bagaimana aplikasi yang telah Anda buat mampu membawa para pengguna untuk mengunduh, menggunakan, bahkan menjadi loyal user.

Fungsi penempatan aplikasi di toko aplikasi yang ada adalah agar secara berkelanjutan Anda mendapatkan pengguna yang mengunduh aplikasi dan menggunakanyan secara rutin. Idealnya kegunaan toko aplikasi bukan hanya mendapatkan traffic, melainkan juga mendapatkan konversi pengguna.

"Dalam menampilkan screenshot di App Market sangat penting bagi developer untuk menggunakan screenshot yang sesuai dengan guidelines dari App Market. Contohnya di sistem iOS, developer harus mengikuti marketing guidelines Apple Store dalam mempromosikan app dan menggunakan image asset dari Apple. Terkadang app market juga mem-feature app yang populer seperti aplikasi Traveloka yang di-feature oleh App Store dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia," kata CEO Traveloka Ferry Unardi.

Terlihat mudah memang, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa mengoptimasi aplikasi Anda di toko aplikasi. Tips berikut ini merupakan salah satu cara paling dasar yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan promosi di toko aplikasi.

1. Nama Aplikasi

Pertama-tama yang harus diperhatikan tentu saja bagaimana Anda memilih nama yang sesuai dengan aplikasi yang Anda buat. Nama tersebut sifatnya harus menarik, enak didengar dan pastinya memorable. Toko aplikasi seperti Google Play kerap melakukan batasan untuk karakter nama yang akan Anda gunakan, sementara App Store secara tidak menentu kadang merubah kebijakan tersebut. Yang perlu diingat adalah buatlah nama untuk aplikasi sesingkat mungkin namun tetap enak didengar.

2. Deskripsi Aplikasi 

Pendekatan dengan mengandalkan keyword atau kata kunci untuk penulisan deskripsi aplikasi Anda di toko aplikasi merupakan cara yang sering digunakan. Ternyata, berdasarkan survei yang pernah dilakukan, penulisan deskripsi aplikasi yang terlalu menekankan kepada fungsi keyword atau kata kunci (SEO) justru kadang membingungkan pengguna. Yang harus diingat adalah pengguna tidak peduli dengan keyword. Gunakan bahasa yang sederhana yang bisa dimengerti pengguna.

3. Kategori

Fungsi utama kategori adalah agar para pengguna bisa menemukan aplikasi yang relevan sesuai keinginan. Untuk itu perlu memilih dengan benar kategori yang sesuai untuk aplikasi yang Anda buat. Jika hal ini dengan benar diterapkan, bisa mempengaruhi hasil pendapatan dan meningkatkan tingkat kompetisi aplikasi Anda dengan aplikasi lainnya.

Untuk memudahkan para pengembang baru menempatkan aplikasi mereka ke peringkat yang lebih tinggi sesuai dengan bidang-bidang tertentu, Apple mulai memperkenalkan subkategori dari kategori utama. Fitur ini bisa digunakan mulai iOS8.

Lokalisasi

Ingat! jenis apapun produk yang Anda buat atau target pengguna seperti apa yang ingin Anda kejar, lokalisasi dalam penggunaan bahasa tetap menjadi hal yang utama. Para pengembang aplikasi harus bisa mengadopsi bahasa yang sesuai dengan target pengguna. Hindari penggunaan kalimat yang hanya bisa dimengerti pada pasar tertentu. Beradaptasi dengan bahasa setempat bisa membuat aplikasi Anda stand-out dan mudah dimengerti oleh pengguna.

Screenshots

Berikan gambaran yang jelas fungsi dari aplikasi Anda dengan tampilan screenshot yang jelas. Don’t take it for granted. Screenshot memiliki dampak yang sama pentingnya dengan deskripsi dan lainnya. Saat ini masih banyak aplikasi yang belum memanfaatkan fungsi screenshot. Untuk itu pastikan Anda menampilkan dengan tepat screenshot aplikasi yang Anda tempatkan di toko aplikasi. Gunakan screenshot untuk bercerita mengenai fungsi aplikasi yang Anda buat.

Pada akhirnya, aplikasi mobile merupakan salah satu jalur distribusi. User experience dan keberhasilan suatu produk tidak ditentukan aplikasi saja. Meskipun demikian, ketika kita memutuskan untuk memasukkan aplikasi layanan kita di toko aplikasi, pastikan optimasi dilakukan untuk memperoleh jumlah pengguna yang diinginkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again