1. Entrepreneur

Tips Pengaturan Game Real Drum dan Cara Mainnya

Game gokil pengganti drum kit sungguhan

Hobi main musik, seperti drum adalah hobi yang mahal. Tahu kan berapa duit yang harus dikeluarkan untuk membeli alat musiknya saja. Alternatifnya, Anda bisa menyewa studio musik secara periodik baik solo ataupun bersama teman-teman.

Tapi sekarang ada alternatif lain yang jauh lebih terjangkau, yaitu menggunakan game mobile, salah satunya dengan game bernama Real Drum.

Apa bisa? Lalu bagaimana dengan pengalaman penggunaanya? Sejauh ini, setelah menggunakan Real Drum selama beberapa bulan, saya punya kesimpulan game Real Drum mampu menggantikan ketiadaan drum asli kendati bentuk dan interface-nya jauh dari bentuk fisik sebuah drum kit. Fitur ekstra yang menyenangkan, kita bisa mengiringi lagu dari koleksi di memori.

Tips Pengaturan Real Drum

  • Secara default, Real Drum bisa langsung dimainkan tanpa pengaturan apapun. Tapi, jika Anda ingin kombinasi yang lebih baik, maka Anda perlu mengatur beberapa hal terlebih dahulu.
  • Untuk membuka menu pengaturan klik tombol tiga baris di kiri atas lalu tap tombol Settings.

  • Pengaturan yang saya pakai, aktifkan loop recording on play kemudian hilangkan vibrasi dan rimshot agar Anda bisa fokus pada permainan dan ritme. Tapi, bukan berarti tidak boleh dipakai. Jika Anda merasa tidak terganggu dengan getaran, boleh saja diaktifkan.
  • Berikutnya, geser Drums volume ke level tertinggi atau maksimal, kemudian kurangi Loop/Song volume hingga 60-70%, agar suara drum bawaan tertutupi.

  • Setelah pengaturan di atas tuntas, sekarang atur dahulu drum kit baik crash dan juga snare. Tap tombol crash di bagian kiri atas.

  • Maka akan muncul beberapa format drum kit yang bisa Anda pakai, di antaranya bisa diaktifkan setelah Anda menonton iklan yang sudah disiapkan.
  • Selain mengganti format, Anda juga bisa mengganti pads dan mengubah latar belakang. Tapi, kedua pengaturan ini tidak begitu penting, jadi skip saja.

Cara Main Real Drums

Untuk bermain Real Drum sebenarnya tidak sulit, bagi yang sudah pernah bermain drum biasanya hanya butuh adaptasi beberapa jam saja. Tidak ada trik khusus, yang terpenting adalah frekuensi latihan sebagaimana saat pertama kali Anda mempelajari drum sungguhan.

Kalau Anda ingin main tanpa iriginan musik, maka Anda bisa langsung menggebuk snare dan crash dengan ketukan versi Anda. Tapi jika Anda ingin diiringi musik, maka tap tombol Play (panah) berwarna biru di kiri atas.

  • Maka akan muncul sebuah jendela baru seperti ini. Di jendela ini, Anda akan menemukan beberapa menu tab, antara lain Recording yang berisikan rekaman yang bisa Anda buat sendiri, Lessons berisikan contoh ketukan yang bisa Anda pelajari, Loops berisi pilihan iringan dalam genre-genre yang berbeda, Songs berisikan lagu-lagu yang tersimpan di memori perangkat Anda. Lalu ada Metronome yang jujur sampai saat ini saya belum tahu fungsi tepatnya apa. Karena ini merupakan fitur baru di Real Drum.

  • Saya asumsikan Anda ingin mengiringi lagu dari memori di perangkat, maka pilih Songs, kemudian pilih lagi folder di mana lagu Anda tersimpan. Saat menemukan judul yang diinginkan, tap tombol jarum berwarna biru.

Setelah itu musik akan bermain dan Anda dipersilahkan untuk mulai "menggebuk" drum dengan jari jemari Anda.

Video ini saya rekam beberapa saat setelah membuat tips ini, mohon maaf kualitas audionya kurang optimal dan tanpa editing, dibuat cepat dan instan saja.

https://youtu.be/Kzuy9k9ztKw

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again