Categories

Internet

Tips Sederhana Agar Aman Berbelanja Online

Irma Suryani - 4 November 2014

Saat ini, berbagai kemudahan tercipta oleh dukungan teknologi yang canggih. Salah satu kemudahan tersebut adalah berbelanja online. Dengan tatapan mata ke arah layar komputer dan saldo yang mencukupi, beragam kebutuhan bisa Anda dapatkan. Namun, terkadang ada rasa curiga, takut dan ragu untuk memilih onlineshop atau toko online yang memuaskan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin berbelanja online.

1. Pastikan Anda familiar dengan toko online tempat Anda akan membeli.

Saat ini sudah banyak online shop yang memasang iklan melalui media cetak maupun elektronik. Hal ini mereka gunakan agar masyarakat bisa mengenal dan mengetahui keberadaan online shop tersebut.

Untuk lebih aman, jangan sesekali mencoba membeli di tempat online shop yang namanya belum pernah Anda dengar ataupun lihat di manapun. Atau jika barang yang Anda inginkan ada di toko tertentu namun Anda belum pernah mendengar toko tersebut, Anda bisa juga tracking online shop tersebut melalui mesin pencari Google untuk menambah keyakinan dalam berbelanja.

Amati dan perhatikan komentar-komentar yang ada di online shop tersebut. Biasanya kepuasaan pembeli ditandai dengan bintang, dari bintang 1 sampai 5. Jika banyak komentar negatif atau miring tentang online shop tersebut Anda perlu waspada dan urungkan niat untuk membeli. Kalau pembeli memberikan komentar positif, meksipun tidak menjamin 100 persen namun ini seleksi awal untuk menjelaskan reputasi toko online tersebut.

 

Info menarik: Versi Baru GMail Untuk Android Kini Mendukung Semua Layanan E-Mail

 

2. Baca Syarat dan Ketentuan yang Berlaku.

Sebuah perusahaan online shop terkemuka pastinya akan terbuka mengenai term and condition atau keterangan persyaratan melakukan pembelian yang dimiliki, karena mereka lebih aware terhadap hal ini. Pastikan alamat email dan nomer telepon yang ada di toko tersebut juga benar sehingga jika ada keluhan, Anda bisa langsung complain dan mengecek kebenarannya.

Untuk toko online kecil mungkin sedikit berbeda. Mereka biasanya mencantumkan syarat dan ketentuan berbelanja melalui profile di online shop mereka atau gambar-gambar yang berisi peraturan dan cara membeli. Amati dan ikuti bagaimana prosedurnya agar Anda dimudahkan dalam berbelanja

3. Cek Harga, Garansi dan Cara Pengiriman Barang.

Yang perlu dipastikan sejak awal mengenai harga barang. Apakah sudah termasuk garansi dan harga pengiriman barang tersebut. Terlebih lagi jika Anda membeli barang yang mudah pecah ataupun rusak.

Jangan lupa untuk mengingatkan penjual tersebut untuk menambah garansi pengiriman barang ke pihak ekspedisi agar barang yang Anda beli selamat sampai tujuan. Kemudian, jika barang sudah dikirimkan oleh penjual, Anda wajib meminta nomer resi pengiriman agar bisa memantau juga pengiriman barang.

4. Cek Alamat dan Nomer Rekening.

Sudah menemukan barang yang diinginkan, saatnya mengirimkan alamat Anda. Cek berkali-kali apakah alamat Anda ini sesuai dan bisa dijangkau oleh ekspedisi, jangan lupa cantumkan nomer telepon yang bisa dihubungi. Setelah itu, kirim dana ke nomer rekening pembeli. Pastikan dana yang ditransfer sesuai dengan harga beli dan langsung ke nomer rekening penjual. Jangan lupa menyimpan atau memfoto tanda bukti pengiriman transfer dana karena ini menjadi bukti dan biasanya akan kirimkan ke penjual sebagai bukti bahwa Anda sudah membayar.

 

Itu dia beberapa tips sederhana agar lebih aman dan nyaman, masih banyak tentunya aspek lain yang bisa diperhatikan agar belanja online menjadi lebih aman, tetapi tips di atas bisa menjadi dasar dan pegangan untuk kenyamanan belanja online. Selamat berbelanja dan tetap berhati-hati.

Gambar header: Shopping via Shutterstock. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter