1. DScovery

Tips Sukses Interview Kerja di Hadapan HRD

Sebelum melakukan interview kerja, perhatikan beberapa tips berikut.

Tahap interview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahap penting yang menentukan apakah kamu akan diterima pada posisi yang kamu lamar atau tidak. Di tahap ini, kamu bisa mempromosikan keunggulan dirimu kepada perekrut bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan interview kerja, kamu juga perlu menyiapkan dirimu sebaik mungkin agar kamu lebih siap dan percaya diri saat melakukannya. Kamu bisa menyiapkan dirimu dengan berlatih serta menyiapkan jawaban terbaik saat melakukan interview kerja.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut agar interview kerjamu dapat berjalan sukses di hadapan HRD. Adapun beberapa tipsnya bisa kamu simak sebagai berikut.

Tips Sukses Interview Kerja di Hadapan HRD

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum dan saat melakukan interview kerja. Hal-hal tersebut sudah DailySocial.id rangkumkan dalam penjelasan di bawah.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Interview Kerja

Sebelum melakukan interview, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar interview kerjamu berjalan dengan lancar.

1. Lakukan Riset Terhadap Perusahaan dan Posisi yang Kamu Lamar

Sebelum melakukan interview, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan kamu lamar. Kamu dapat mencari tahu beberapa hal tentang perusahaanmu, seperti bagaimana posisi perusahaan tersebut di industri, apa saja keunggulannya, siapa pesaingnya, hingga bagaimana cara agar perusahaan tersebut menjadi lebih maju.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memahami posisi yang akan kamu lamar. Pasalnya, hal tersebut akan memberikan nilai tambah untukmu dan menunjukkan bahwa kamu memiliki kredibilitas dalam posisi tersebut.

2. Latihan Menjawab Pertanyaan yang Biasa Diajukan Ketika Interview Kerja

Agar interview kerjamu berjalan dengan baik, kamu juga bisa berlatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam interview kerja. Sebelum melakukan latihan, kamu perlu mencari tahu mengenai hal apa saja yang biasanya ditanyakan saat interview kerja.

Kamu dapat berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut bersama temanmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan cermin. Berlatih di depan cermin akan memudahkanmu dalam melihat dan mengatur ekspresi wajahmu saat menghadapi interview nantinya.

3. Usahakan Datang Tepat Waktu

Beberapa orang beranggapan bahwa waktu merupakan hal yang berharga. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh menyia-nyiakannya dengan datang terlambat dari jadwal yang telah ditentukan.

Datang tepat waktu akan membuatmu memiliki nilai lebih di mata HRD, karena menunjukkan bahwa kamu berkomitmen dengan jadwal yang telah ditentukan. Alangkah baiknya lagi jika kamu bisa datang lebih awal untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kesulitan mencari lokasi interview, terjebak macet, dan lain sebagainya.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Interview Kerja

1. Gunakan Pakaian yang Rapi dan Sopan

First impression merupakan salah satu hal penting yang menjadi kunci suksesnya interview kerja. Salah satu cara untuk mendapatkan first impression yang baik di mata HRD adalah dengan cara mengenakan pakaian yang sopan dan rapi.

Kamu juga bisa menyesuaikan pakaian yang kamu gunakan saat interview dengan budaya perusahaan. Jika perusahaan yang kamu lamar memiliki budaya formal, pastikan kamu juga mengenakan pakaian yang rapi dan formal agar terlihat profesional. Sementara jika perusahaan yang kamu lamar memiliki budaya anak muda yang casual, usahakan agar tetap berpakaian rapi tapi tidak terlalu formal.

2. Jawab Pertanyaan Interview dengan Tenang

Melakukan interview kerja dengan HRD tidak jarang memang akan membuat gugup. Namun, jangan sampai kegugupanmu tersebut justru mengurangi nilai positif dalam dirimu. Maka dari itu, cobalah tenangkan dirimu terlebih dahulu sesaat sebelum memasuki ruang interview dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan tenang dan penuh percaya diri.

3. Promosikan Keunggulanmu Sebaik Mungkin

Tahap interview kerja merupakan salah satu kesempatanmu untuk menunjukkan keunggulan dirimu sebaik mungkin di hadapan HRD. Kamu bisa menjelaskan mengenai keahlian dan pengalaman yang kamu miliki. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjelaskan alasan kamu tertarik untuk melamar di posisi tersebut dan apa saja kelebihanmu yang tidak dimiliki oleh calon kandidat lain.

4. Bersikap Asertif dan Aktif dalam Sesi Interview

Perlu dipahami bahwa tahap interview kerja merupakan tahap di mana kamu bisa fokus pada dirimu dan kelebihanmu untuk meyakinkan pewawancara. Maka dari itu, kamu harus bersikap asertif dan aktif bertanya ketika dipersilakan.

Dengan bersikap asertif dan aktif maka akan terjalin komunikasi yang baik antara kamu dan pewawancara. Selain itu, aktif mengajukan pertanyaan juga akan membuatmu terlihat bahwa kamu memiliki ketertarikan yang tinggi untuk bekerja bersama mereka.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar interview kerjamu berjalan sukses dan lancar. Selain beberapa tips di atas, jangan lupa juga untuk menyampaikan jawabanmu secara jujur, tegas, dan tidak bertele-tele. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again