Tips Sukses Wawancara dan Public Speaking Ala Content Creator VINA A Muliana

Trik ini bisa jadi solusi buat kamu yang mau sukses wawancara dan public speaking.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan job interview. Nah, tahapan wawancara ini biasanya dilakukan setelah kamu lolos seleksi berkas. Umumnya tahapan wawancara ini digunakan oleh perekrut untuk mengetahui tentang diri kamu lebih dalam lagi dan menentukan apakah kamu memiliki kriteria yang sesuai dengan perusahaan tersebut. Nah, faktor yang menjadi pendukung lancarnya tahapan wawancara ini adalah skill public speaking.

Soft skill ini memiliki peran penting dalam tahapan wawancara, tetapi terkadang tidak semua orang memiliki skill public speaking yang cukup. Akan tetapi bagi kamu yang memiliki sifat pemalu, pastinya akan terkendala saat berbicara atau berkomunikasi. Apalagi jika situasi yang dihadapkan adalah sebuah tes wawancara untuk masuk ke perusahaan impian kamu. Jangan sampai kamu melewatkannya begitu saja!

Nah, untuk itu kamu harus memiliki persiapan yang cukup untuk mengikuti wawancara, salah satunya dengan menerapkan beberapa tips sukses dalam wawancara dan melatih public speaking.

Sukses Wawancara Dengan Rumus Tanya Puji Reaksi Ala Content Creator Vina A Muliana

Sebenarnya ada banyak tips yang bisa membuat kamu menjadi lebih percaya diri untuk bisa public speaking agar wawancara kerja bisa sukses. Salah satunya adalah dengan dengan mengikuti rumus Tanya Puji Reaksi yang diinisiasi oleh Vina A Muliana, Content Creator dan Senior Associate Culture Measurement and Program Development MIND ID.

Rumus Tanya Puji Reaksi ini cocok banget bagi fresh graduate yang memiliki sifat pemalu ketika harus berhadapan dengan tes wawancara kerja. Berikut penjelasannya!

1. Tanya

Rumus yang pertama adalah tanya. Umumnya saat tahapan wawancara HRD akan bertanya kepada kandidat, kamu bisa mencoba untuk bertanya kembali untuk membuat percakapan open-ended. Sehingga, bisa meningkatkan interaksi saat sesi wawancara.

2. Puji

Puji di sini adalah dengan menyebutkan sesekali nama pewawancara saat memberikan jawaban, hal ini bisa berguna untuk menciptakan unsur pujian dan kedekatan dengan pewawancara yang nantinya bisa menciptakan chemistry yang baik antara kedua belah pihak.

3. Reaksi

Menurut Vina, rumus yang terakhir adalah reaksi. Rumus ini sangat penting dalam tahapan wawancara. Biasanya di sesi terakhir saat wawancara, pewawancara akan memberikan kesempatan kepada kamu untuk bertanya. Untuk itu gunakan kesempatan ini untuk bertanya dan memberikan reaksi atas apa yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Tips Mengasah Public Speaking Bagi yang Memiliki Sifat Pemalu

Tentunya ketiga rumus di atas juga harus dikolaborasikan dengan skillpublic speaking yang baik agar wawancara bisa berjalan lancar. Namun, jangan khawatir Vina juga memberikan beberapa tips mengasah public speaking supaya kamu bisa lolos wawancara.

Memberikan Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri

Tips yang pertama adalah coba untuk menarik napas dalam dan berikan vibes positif untuk diri kamu sendiri, kalau kamu bisa dan mampu untuk berbicara. Hal ini berguna untuk menambah kepercayaan diri dan apa yang kamu pelajari tidak terbuang sia-sia. Kemudian, jangan lupa lupa untuk selalu tenang.

Hindari Tatapan Mata Secara Langsung

Apabila kamu harus berhadapan dengan audience yang banyak, coba hindari untuk menatap mata mereka dan tatap ke arah pelipis atau dahi audience. Dengan melakukan trik ini kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri, loh!

Namun, jangan menggunakan trik ini ketika melakukan tahapan wawancara yang biasanya dilakukan one by one,karena bisa memberikan sinyal jika kamu tidak menghargai lawan bicara.

Perbanyak Baca Buku

Salah satu faktor yang bisa membuat public speaking berjalan lancar adalah kamu harus bisa memiliki beragam koleksi kata. Sehingga, kamu perlu banyak membaca buku untuk menambah kosa kata, tetapi perlu diingat untuk menggunakan kata-kata yang bisa dimengerti oleh audience atau lawan bicara kamu.

Nah, itu adalah beberapa tips mengasah public speaking yang untuk kamu yang memiliki sifat pemalu agar sukses dalam tahapan wawancara. Tentunya, masih banyak tips dan trik yang akan diberikan oleh Vina A Muliana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari atau  juga mengembangkan karir.

Untuk mendengarkan lebih jauh terkait tip dan trik sekaligus sejuta inspirasi dalam berkarir, kamu bisa menghadiri event Young On Top, yaitu Young On Top National Conference (YOTNC) 2022 yang  akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2022 di Kota Kasablanka, Kasablanka Hall lt 3, Jakarta Selatan. Selain Vina A Muliana, tentunya akan hadir 12 speaker ternama seperti Grace Tahir, Ernanda Putra, Ricky Silaen yang siap memberikan inspirasinya kepada kamu. Tunggu apalagi, langsung daftar sekarang juga melalui www.youngontop.com/yotnc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again