1. Startup

Tips untuk Mengelola Tim Secara Remote

Memperhatikan komunikasi, mengoptimalkan layanan dan menjaga produktivitas

Tren kerja remote terus tumbuh seiring dengan perkembangan layanan komunikasi digital dan pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja. Tren membangun tim secara remote juga ada pada startup, tak jarang dari keseluruhan pegawai startup beberapa di antara berada di luar daerah, atau bekerja secara remote. Jika Anda seorang pimpinan tim yang sedang mengelola tim yang bekerja secara remote, berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja dan produktivitas mereka.

Mengatur standar komunikasi

Standar yang dimaksud di sini adalah seberapa sering tim berkoordinasi satu dan lainnya secara bersama-sama. Ini sangat penting mengingat perbedaan geografis dan ritme kerja. Pemimpin harus bisa menjaga komunikasi dengan semua orang dalam tim. Termasuk hubungan satu dengan yang lainnya. Penentuan kebijakan komunikasi bisa ditentukan misalnya, laporan harian, rapat mingguan, dan bentuk koordinasi berkala lainnya.

Mengoptimalkan berbagai macam tools komunikasi

Berkaitan dengan tips sebelumnya, untuk memudahkan komunikasi dan kolaborasi pemimpin tim juga harus pintar memilih layanan apa yang digunakan. Baik untuk komunikasi atau kolaborasi kerja. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti kecanggihan, ketersediaan layanan, dan juga efektivitasnya. Tentu semua harus mempertimbangkan harga, jika startup Anda belum ada dana ekstra untuk membeli layanan premium Anda bisa memanfaatkan layanan gratis yang sudah banyak tersedia dan tidak kalah powerfull dibanding yang premium.

Perhatikan apa yang sedang terjadi dalam tim

Menjadi pemimpin, di mana pun harus memperhatikan setiap orang yang dipimpinnya. Itu mengapa menjalin komunikasi intens dengan anggota tim sangat perlu, terlebih bagi tim yang terpisah jarak geografis. Butuh usaha memang, tetapi ini hal wajib yang harus dilakukan. Meski dikerjakan secara remote pemimpin harus rajin untuk melakukan kontrol, apa yang sedang dikerjakan, sejauh mana progresnya, apa yang menjadi halangan, dan komunikasi sejenis.

Usahakan tim untuk bisa dipertanggung jawabkan

Masalah tim yang bekerja secara remote adalah kepercayaan dan produktivitas. Sebagai pemimpin harus bisa mengusahakan meski terpisah jarak, dengan gaya dan ritme kerja yang mungkin berbeda tujuan harus tetap tercapai. Pemimpin wajib memastikan seluruh anggota tim mencapai produktivitas sesuai yang diharapkan.

Pilih rekan kerja dengan bijak

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tim yang bekerja secara remote adalah pilihlah secara bijak. Mungkin ini hal paling dasar. Pemimpin harus memilih anggota tim secara teliti dan bijak. Karena meski bekerja secara remote anggota dalam tim tetap diperlukan untuk mencapai tujuan bersama

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again