Categories

Game

Tips Vainglory Bagian 4: Menjadi Ahli Taktik dengan Meningkatkan Scout Cam

Scout Cam ialah penangkal Fog of War guna memberi jarak pandang lebih luas

Lukman Azis - 15 March 2018

Di mode game 5V5 di Sovereign’s Rise, Vainglory menyertakan beberapa mekanisme yang tergolong baru di MOBA mobile. Sebelumnya, saya telah membahas item teleport boots yang akan melesatkan Anda ke lokasi teman di mana saja di map.

Kemudian mengulas tentang pentingnya mendapatkan last hit dan cara memanipulasi gelombang minion dengan memanfaatkan captain minion. Sekarang saya ingin membicarakan lebih jauh mengenai item pandangan baru bernama ‘scout cam’. Kenapa hal ini penting?

Dengan medan tempur yang begitu luas dan misterius akibat mekanisme fog of war, cara paling efektif untuk mendapatkan jarak pandang yang luas ialah dengan menempatkan scout cam di lokasi tertentu. Sebelum ke penjelasan scout cam, apa itu fog of war?

Fog of War

Fog-of-War
Foto: Vainglorygame.com

Dalam game MOBA, kemampuan membaca map adalah hal yang sangat penting. Bisa mengetahui keberadaan hero musuh dan pergerakannya tentu akan sangat memudahkan kita dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, pergerakan Anda juga akan selangkah lebih maju dibanding musuh.

Namun adanya fog of war di Sovereign’s Rise, membuat area permainan menjadi gelap dan area-area tersebut hanya akan menjadi terang ketika pemain menuju tempat tersebut. Anda bahkan tidak bisa melihat monster-monster yang berada di jungle camp kecuali berada di dekat mereka.

Ya, fog of war sangat membatasi jarak pandang pemain sehingga membaca map di Vainglory lebih sulit dibandingkan dengan game MOBA mobile lain seperti Arena of Valor dan Mobile Legends.

Tanpa adanya informasi yang jelas akan keberadaan musuh, tentunya membuat kita sedikit ragu-ragu dalam bergerak karena khawatir dengan musuh yang mungkin bisa muncul dari sudut yang tidak terduga.

Fog of war memang bukan hanya sekedar yang menyuguhkan keindahan kualitas grafis, tapi bertujuan untuk meningkatkan keseruan bermain, pertimbangan yang lebih dalam, dan pertempuran yang lebih intens.

Scout Cam

Item baru ini bersifat seperti ward MOBA pada umumnya. Di mana bila ditempatkan akan menghilangkan efek fog of war pada area sekitarnya selama beberapa waktu untuk memberi pandangan lebih baik di medan yang luas.

Semua pemain memiliki scout cam yang terletak di tombol bumper di sebelah skill hero. Kamera pengintai ini tidak bisa dibeli ataupun dijual karena termasuk dalam inventaris pemain, namun kita bisa meningkatkan kemampuannya. Berikut detail mengenai scout cam.

  • Bertahan selama 150 detik
  • Perlu 5 hantaman sebelum hancur; HP yang dimiliki tergantung sisa durasi
  • Anda memiliki maksimal 2 scout camp
  • Tiap satu scout cam akan memulihkan diri dalam 150 detik
  • Scout camp tidak akan ditargetkan oleh kristal vain atau turret

Item Peningkat Scout Cam

Scout cam ini tentu sangat penting bagi hero kapten atau observer yang punya tugas utama bergerak mengelilingi dan mengawasi map sekaligus memberi visi bagi tim. Untuk itu, kita bisa meningkatkan ketahanan dan jarak pandang scout camp. Terkait hal tersebut, Vainglory telah menyediakan item baru untuk meningkatkan kemampuan scout camp, yaitu:

  • ScoutPak: Pilihan bagus bagi pemain yang ingin menaruh lebih banyak scout cam. Gunakan untuk membantu tim Anda menerangi lebih banyak area pada map dan mencegah musuh menjalankan strategi mereka dengan mudah.
  • ScoutTuff: Bagus dibeli oleh pemain yang ingin fokus ke area tertentu. scout cam yang lebih kuat dan lebih tahan lama berarti nilainya lebih berharga setiap kali Anda menaruhnya.
  • SuperScout 2000: Sebagai barang premium untuk kontrol pandangan maksimum, SuperScout 2000 memberi Anda segala yang diperlukan untuk menjadi ahli taktik. Adu cerdik dengan musuh dan paksa mereka memasuki teritori tak dikenal.
  • Flare Loader: Pilihan cepat bagi yang ingin segera menghadapi pahlawan dengan kemampuan menghilang. Anda juga bisa memakai barang ini untuk memeriksa area yang tidak memiliki pandangan dari jarak jauh.

Intai Ghostwing dan Blackclaw

Scout-Camp-BlackClaw
Foto: Vainglorygame.com

Mode game 5V5 di Sovereign’s Rise adalah rumah bagi dua naga yang kuat yakni Ghostwing dan Blackclaw dengan efek pengubah permainan yang dahsyat.

Saat mereka datang, letakkan scout cam di belakang sarang naga. Dengan cara itu jika tim musuh mencoba menaklukkan naga, Anda akan langsung tahu dan bisa menyergap setelah mereka terluka oleh naga dan paksakan untuk team fight.

Teleport Boots

Seperti yang sudah saya bahas, item teleport boots akan melesatkan Anda ke lokasi teman di mana saja di map. Baik itu ke minion teman, turret, dan scout cam.

Jika HP Anda ‘sekarat’, jangan paksakan untuk maju. Lontarkan scout cam di tempat yang sekiranya aman, recall untuk isi HP, lalu kembali bertarung secepatnya dengan item teleport boots.


Meski secara visual memanjakan, fog of war membuat jarak pandang penglihatan kita jadi terbatas. Di sini Anda harus pintar-pintar menggunakan scout cam dan meningkatkan kemampuannya bila perlu untuk membantu Anda menambah jarak pandang sehingga Anda bisa mendominasi jalannya pertandingan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id