Misc

TipsTrik: Beberapa Cara Manfaatkan Gadget Lama Anda

Bagi sebagian orang tahun baru juga sering dijadikan sebagai momen untuk memiliki gadget baru, walau memang terkadang gadget lama yang digunakan sebenarnya masih berfungsi dengan baik.

Nah, daripada kita menyimpan smartphone atau tablet lama kita menjadi barang rongsokan ada baiknya memanfaatkanya menjadi perangkat-perangkat berikut ini:

1. Album Foto DigitalSmartphone atau tablet Anda bisa dijadikan sebagai album foto digital yang bisa dipajang di ruang keluarga. Masukkan foto-foto kenangan lama atau foto kegiatan yang baru saja kamu ambil dalam sebuah folder di gadget bekas tersebut dan biarkan foto tersebut ditayangkan secara terus menerus (looping). Kini Anda memiliki Album foto digital yang bisa mempercantik ruang keluarga, jika memungkinkan mainkan juga alunan musik saat foto tersebut ditayangkan.

2. Pemutar musik / video   Daripada menyimpannya di dalam laci meja atau lemari Anda, kenapa tidak Anda jadikan smartphone atau tablet bekas sebagai alat pemutar musik saat kamu beraktifitas? Atau bisa juga menjadi perangkat untuk memutar video yang dapat Anda gunakan saat mengisi waktu luang. Aimpan koleksi lagu dan video favorit Anda dan jadikan perangkat tersebut sebagai perangkat hiburan pribadi.

3. Konsol gameSmartphone dan tablet juga dapat dijadikan sebagai perangkat konsol game, dengan koleksi aplikasi game yang dimiliki pada masing-masing toko aplikasi seperti Play Store dan iTunes Store, kamu bisa memilih beragam koleksi permainan yang ada untuk dimainkan pada gadget lama kamu.

 

Info menarikCara Menghapus Riwayat, Sandi dan Cookies di Opera Mini Android

 

4. Perangkat GPS/Navigasi Jadikan smartphone dan tablet Anda sebagai perangkat navigasi pribadi. Anda dapat menginstal aplikasi navigasi pihak ketiga atau menggunakan aplikasi navigasi bawaan seperti Google Maps pada perangkat tersebut dan menyimpannya dalam kendaraan.

Bahkan dengan sedikit modal tambahan Anda dapat membeli dudukan yang bisa digunakan untuk menyimpan/menyangga perangkat tersebut agar dapat berfungsi layaknya GPS yang bisa memandu Anda kemanapun pergi.

5.  Jadikan sebagai perangkat percobaan Jika Anda menemukan aplikasi atau game baru yang ingin diinstal, Anda bisa memasang dan mencoba aplikasi tersebut pada perangkat lama telebih dahulu sebelum menginstalnya pada perangkat utama yang Anda miliki. Dengan begitu kita bisa melihat performa dan fitur dari aplikasi atau game tersebut.

6. Sebagai media penyimpanan alternatif Sebuah perangkat tablet atau smartphone memiliki ruang memori (baik internal maupun eksternal) yang bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang Anda miliki. Selain itu, perangkat lama Anda juga dapat digunakan untuk  pembaca kartu memori saat mentransfer file dari dan ke komputer.

Jadikan lebih bernilai - Sebuah perusahaan KickStarter bernama MindHelix bahkan telah melihat peluang keberadaan gadget bekas sebagai bisnis yang menguntungkan. Melalui produk bernama Rico yang mereka kembangkan, perusahaan ini telah memanfaatkan beberapa komponen dari gadget bekas untuk difungsikan sebagai data centre, termometer digital, kamera CCTV, dan IP kamera serta sensor gerak yang dapat digunakan di rumah kita.

https://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=yp76chT4Mw8

Apakah Anda memiliki ide lain untuk memanfaatkan gadget lama yang tidak terpakai? Silahkan tuliskan ide Anda di kolom komentar.

Sumber: 1, 2 | Gambar header: Old Gadget via Shutterstock. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter