Categories

Interview

Toge Productions dan Impiannya Mempopulerkan Pengembang Game Lokal ke Mancanegara

Kantongi pendanaan baru dari Discovery Nusantara Capital (DNC)

Yenny Yusra - 2 February 2017

Setelah menjalankan bisnisnya selama 7 tahun dengan cara bootsrapping, awal tahun 2017 ini indie game developer lokal, Toge Productions akhirnya membuka pintu untuk investor berinvestasi. Kepada DailySocial, CEO Kris Antoni mengungkapkan investasi ini merupakan yang pertama kalinya diperoleh oleh Toge Productions, setelah menjalankan bisnis dengan menggunakan profit dari hasil penjualan games selama 7 tahun terakhir.

Dikenal enggan untuk menerima investasi dari investor lokal hingga asing, kini Toge Productions mendapatkan dana segar early stage funding (undisclosed amount) dari Discovery Nusantara Capital (DNC), dana ventura yang pada bulan Desember 2016 lalu juga memberikan funding kepada studio game lokal lainnya, Touchten.

“Kami di Toge Productions sebenarnya selama ini cukup mampu untuk bertahan dan menjalankan bisnis yang ada dengan perputaran profit yang kami dapatkan. Kami melihat funding saat ini bisa membantu kami untuk melakukan scale up sekaligus apply kemampuan kami,” kata Kris.

Sebelumnya Toge Productions yang sudah menelurkan karya seperti Infectonator, Relic of War, Days 2 Die, dan Necronator kerap dilirik oleh investor lokal hingga asing. Perbedaan visi dan misi serta kesulitan untuk menyamakan rencana yang ada membuat Toge Production memutuskan untuk tidak menerima investasi hingga menemukan investor yang tepat.

“Kami cukup terkejut dengan kesediaan DNC yang ternyata menerima dengan baik keputusan dari kami untuk tetap memfokuskan pasar games premium,” kata Kris.

Fokus terhadap target dan komitmen sejak awal

Di awal perjalanan bisnis Toge Productions telah membuat permainan untuk berbagai platform. Salah satu yang cukup menguntungkan adalah Free Online Games, permainan populer di media sosial seperti Facebook. Meskipun Toge Productions telah menghentikan pembuatan game tersebut sejak tahun 2012, namun untuk awal karier mereka permainan tersebut cukup membantu Toge Productions menjalankan bisnis.

“Saat ini kami ingin fokus membuat permainan yang bukan hanya menyenangkan dan adiktif namun juga permainan yang memiliki arti mendalam,” kata Kris.

Toge Productions selama ini dikenal sebagai studio yang menghasilkan permainan di berbagai platform, mulai dari web games hingga mobile dan desktop (PC dan Mac) games.

Sepanjang tahun 2016 lalu diklaim sebagai tahun terbaik untuk Toge Production. Berbeda dengan kebanyakan startup yang mengalami kesulitan selama 2 tahun terakhir, Toge Poductions justru awal tahun ini memberikan investasi kepada Mojiken Studio asal Surabaya.

“Investasi tersebut merupakan rencana yang telah kami miliki sebelumnya. Dengan adanya funding ini diharapkan bisa mempercepat dan melancarkan proses tersebut,” kata COO Toge Productions Jonathan Manuel Gunawan.

Kesuksesan Toge Production dengan game Infectonator 2 dan game lainnya menjadikan salah satu studio indie game Indonesia ini mampu menjalankan bisnisnya dengan profit yang ada. Salah satu rencana Toge Productions memanfaatkan funding yang baru adalah meningkatkan produksi secara internal dengan membuat produk lebih banyak lagi.

“Bagi kami investasi dari DNC bukan hanya dalam bentuk uang, namun juga aspek strategis lainnya terutama memperluas jaringan internasional,” kata Kris.

Konsistensi Toge Productions untuk tetap pada jalur permainan premium disambut baik DNC selaku investor. DNC memiliki rencana untuk mendukung industri game di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Para pendiri Toge Productions, yaitu Kris Antoni selaku CEO dan Jonathan Manuel Gunawan selaku COO, memiliki semangat dan kecintaan yang cukup besar serta kemampuan untuk menjalankan dan mempertahankan bisnis dengan kualitas terbaik,” kata Managing Partner DNC Irene Umar.

Ingin membawa game buatan Indonesia popular secara global

Koalisi Kemakmuran sebagai wadah perkumpulan studio, artis, dan programmer pengembang game lokal
Koalisi Kemakmuran sebagai wadah perkumpulan studio, artis, dan programmer pengembang game lokal

Selain menambah jumlah produk secara internal, investasi yang didapatkan kali ini nantinya akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan dan pengembangan agar dapat menciptakan game lokal yang berkualitas.

Toge Productions juga ingin mendorong pertumbuhan developer game lokal dengan menginisiasi Koalisi Kemakmuran, berupa kegiatan yang bertujuan untuk menjadi platform para artis dan programmer yang saling membutuhkan. Fungsi Toge Productions adalah mempertemukan pihak yang kebanyakan adalah indie developer tersebut berupa jaringan hingga pendanaan.

“Saat ini banyak developer indie game Indonesia yang memiliki talenta namun masih kesulitan untuk mengembangkan produk hingga menemukan tim yang ada. Dengan adanya Koalisi Kemakmuran ini kami harap bisa mempermudah jalan mereka untuk membuat produk games yang berkualitas,” kata Jonathan.

Sukses di tanah air ternyata belum cukup bagi Toge Productions untuk mengembangkan produk yang ada. Tahun 2017 ini berbekal dana segar dari DNC, harapan Kris dan tim bisa membawa nama Indonesia lebih popular secara global.

“Kami ingin mengubah adanya anggapan yang menyebutkan Indonesia hanya sebagai pasar, bukan negara yang mampu menciptakan produk berkualitas. Dalam hal ini kami dari Toge Productions akan membuktikan bahwa kami mampu menciptakan permainan sekelas dunia,” kata Kris.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter