1. Startup

Tokopedia Dapatkan Pendanaan dari CyberAgent Ventures Jepang, Sekarang Dinilai Seharga US$7 juta

Seperti diinformasikan oleh blogger Techcrunch dari Jepang, Serkan Toto, CyberAgent Ventures Jepang telah mengumumkan investasi terhadap platform e-commerce Tokopedia. Menurut harian bisnis The Nikkei, CyberAgent menanamkan US$700 ribu untuk memperoleh 10% kepemilikan. Ini berarti valuasi Tokopedia sudah mencapai angka US$7 juta, suatu pencapaian yang baik setelah mereka membukukan transaksi senilai US$500 ribu saat ulang tahun perdananya (17 Agustus 2010 lalu). Sebelumnya, Tokopedia telah memperoleh pendanaan dari PT Indonusa Dwitama dan East Ventures.

Ini berarti Tokopedia merupakan portofolio CyberAgent Ventures pertama di Indonesia. Sebelumnya CyberAgent telah memiliki sejumlah portofolio di Jepang, Cina, dan Vietnam, serta memiliki kantor cabang di Beijing, Shenzhen dan Ho Chi Minh. CyberAgent Ventures adalah perusahaan investasi yang berbasis di Jepang dan berencana memperluas ekspansi bisnisnya seantero Asia, setelah tahun kemarin ber-partner dengan DeNA dan Japan Asia Investment yang berbasis di Cina untuk berinvestasi di social gaming startups.

CyberAgent Ventures juga merupakan perusahaan investasi yang pernah ber-partner dengan Mixi, di sini mungkin koneksi dengan Batara Eto, salah satu Managing Partner East Ventures, yang juga sebelumnya berinvestasi di Tokopedia. Mungkin saja ini merupakan pengumuman penting kedua East Ventures (yang pertama saat Disdus diakuisisi oleh Groupon) meskipun tidak ada detil apakah investasi ini mengambil jatah saham East Ventures (dengan tujuan exit) ataupun mendilusi saham pemilik Tokopedia.

Update: mengganti nilai transaksi saat ulang tahun perdana [paragraf 1] dari transaksi ke-500 ribu menjadi transaksi senilai US$500 ribu.

[Terima kasih Serkan Toto untuk tipsnya]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again