Categories

Internet

Tokopedia Hadirkan Metode Pembayaran Kartu Kredit untuk Seluruh Pengguna

Glenn Kaonang - 7 May 2015

Setelah cukup banyak menerima masukan dari para pengguna, Tokopedia mulai hari Selasa (5/5/2015) kemarin resmi memperkenalkan metode pembayaran via kartu kredit. Sebelum ini, Tokopedia sebenarnya sudah mendukung metode pembayaran kartu kredit buat pengguna yang ingin membeli paket berlangganan Gold Merchant, User Management atau kredit TopAds.

Dengan diperluasnya metode pembayaran kartu kredit ini, semua pelanggan yang memiliki kartu kredit Visa atau MasterCard sekarang diharapkan bisa berbelanja dengan lebih mudah di Tokopedia. Untuk pihak penjual yang menjajakan dagangannya di Tokopedia, mereka juga secara otomatis bisa menerima pembayaran yang dilakukan via kartu kredit, tanpa dikenai potongan biaya sama sekali.

Bicara soal kemudahan, dari sudut pandang pembeli, mereka kini tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran jika membayar menggunakan kartu kredit. Pembayaran akan terverifikasi secara otomatis sehingga pesanan bisa langsung diteruskan ke penjual. Sebaliknya, penjual juga akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan baru tanpa harus menunggu proses verifikasi. Harapannya, kecepatan pemrosesan barang bisa ditingkatkan.

Dalam beberapa kasus, ada kalanya penjual akan menolak pesanan karena alasan tertentu. Apabila hal ini terjadi ketika pembeli membayar dengan kartu kredit, maka biaya yang dikeluarkan akan dikembalikan ke saldo akun Tokopedia masing-masing. Saldo ini bisa dipakai untuk berbelanja di Tokopedia, atau ditarik ke rekening pribadi.

Sebagai catatan, jumlah dana yang akan dikembalikan ke saldo akun adalah harga barang + ongkos kirim, tidak termasuk biaya administrasi yang dikenakan saat bertransaksi. Hal ini disebabkan pemotongan biaya administrasi tersebut merupakan ketentuan dari bank yang mengeluarkan kartu kredit yang bersangkutan.

Info menarik: OLX Hadirkan Tampilan Baru dengan Pencarian Iklan yang Lebih Merinci

Lalu bagaimana cara berbelanja di Tokopedia dengan metode pembayaran kartu kredit? Pertama-tama, Anda perlu memilih metode pembayaran "Kartu Kredit" usai memasukkan produk ke Keranjang Belanja, lalu klik tombol "Checkout".

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan pada kolom "Informasi Tagihan" dan "Informasi Kartu Kredit". Isi dengan benar, lalu klik tombol "Bayar".

Sistem Tokopedia kemudian akan terhubung dengan sistem bank yang mengeluarkan kartu kredit. Di titik ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kode otorisasi yang dikirim oleh bank yang bersangkutan.

Jika kode otorisasi sudah dimasukkan dengan benar, Anda hanya perlu menekan tombol "OK" dan Anda akan menjumpai halaman pemberitahuan yang mengonfirmasikan bahwa pembayaran Anda sudah berhasil diproses.

Metode pembayaran kartu kredit ini bisa digunakan untuk pembelian minimal seharga Rp 50 ribu dan maksimal Rp 50 juta.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter