1. Startup

Tokopedia Luncurkan Aplikasi Mobile di Platform iOS

Hadir setelah sekian lama hanya tersedia untuk platform Android, stabil berada dalam peringkat 20 besar aplikasi gratis di App Store

Setelah memakan waktu cukup lama, online marketplace Tokopedia akhirnya meluncurkan aplikasi mobile berbasis iOS minggu lalu (26/6). Langkah ini diperkirakan akan meningkatkan angka kunjungan serta konversi penjualan melalui mobile, mengingat pihaknya juga telah mengadopsi sistem pembayaran melalui kartu kredit. Aplikasi iOS Tokopedia juga disebutkan bertengger sebagai jajaran aplikasi pilihan di App Store.

Tidak terlalu berbeda dengan versi Android yang telah meluncur setahun silam, di versi untuk iOS-nya ini Tokopedia menyajikan tampilan cenderung lebih bersih dan mulus. Font, dan potongan-potongan foto sedikit lebih kecil namun terkesan lebih rapi.

Perbedaan yang kentara ialah letak struktur navigasi, dan penyesuaian user experience yang berubah. Jika pada Android pengguna langsung disuguhkan oleh daftar kategori, serta hot list jika swipe ke kiri, di iOS tidak lagi demikian. Tab beranda justru adalah jajaran item terlaris dalam hot list di versi iOS.

Tak ada lagi hamburger menu di sisi kanan atau kiri, tombol pencarian dan keranjang belanja. Tab user pun turut diturunkan menjadi lima tab utama yang sejajar dengan tab beranda dan tab kategori.

Hasil pencarian juga tidak memiliki banyak perubahan, elemen-elemen seperti filterisasi, sortir, tampilan daftar hasil pencarian, kategori, dan lain sebagainya hanya mengalami perubahan posisi. Tidak ada opsi tambahan, hanya saja di versi iOS ini pengguna disajikan history pencarian yang sebelumnya telah dilakukan.

Sejak pertama kali diluncurkan minggu lalu, aplikasi Tokopedia stabil berada dalam peringkat 20 besar aplikasi gratis di App Store, bahkan sempat menembus peringkat 15 besar. Bukan kebetulan jika aplikasi ini dinobatkan sebagai aplikasi pilihan editor App Store.

“Hal ini menjadi kebanggaan luar biasa bagi kami. Ini menandakan pengembang aplikasi asal Indonesia sudah mampu melahirkan aplikasi kelas dunia yang mampu bersaing secara global,” terang CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam siaran pers yang kami terima hari ini (30/6).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again