24 March 2017

by Bambang Winarso

Tombol Reactions dan Mentions Akhirnya Sambangi Facebook Messenger

Kedua fitur sudah digulitkan secara global, tetapi secara bertahap

Facebook baru saja mewujudkan apa yang sudah dinantikan oleh banyak orang dengan merilis dua fitur baru, Mention dan Reaction untuk aplikasi Messenger. Dengan dua tambahan fitur ini, Messenger kini semakin mirip dengan layanan utama Facebook.

Tombol Reactions atau reaksi mempunyai fungsi dan cara kerja yang hampir sama dengan Reactions di Facebook. Pengguna dapat memberikan respon pesan tertentu dalam bentuk emoticon yang terdiri dari 7 pilihan reaksi termasuk tombol tidak suka yang diwakilkan dengan emoticon jempol ke bawah. Emoticon ini hanya ada di Messenger, Anda tidak akan jumpai tombol tidak suka di Facebook.

Fitur Reactions dapat digunakan dengan sangat mudah. Pengguna cukup menekan lama di sebuah pesan, kemudian memilih satu dari 7 tombol yang muncul. Sebaliknya, pengirim pesan juga memperoleh informasi siapa yang meninggalkan reaksi dan bagaimana reaksi orang terhadap pesan yang dikirimkan. Untuk melihat informasi ini, pengguna tidak harus memeriksa pesannya satu per satu karena Messenger akan memberikan notifikasi ketika reaksi diberikan. Fitur ini bekerja di percakapan perorangan dan juga obrolan grup.

Sedangkan fitur Mentions berguna saat pengguna ingin menunjuk seseorang di dalam obrolan grup. Untuk melakukannya, pengguna cukup menambahkan karakter @ di depan nama pengguna. Selanjutnya, pengguna yang dimention akan memperoleh notifikasi dan dapat memberikan respon secepatnya.

Kedua fitur ini digulirkan ke pengguna global secara bertahap mulai kemarin waktu setempat.

Sumber berita FB.