Categories

Opini

Tonehighway Rilis Versi Alpha 0.2, Tambahkan Beberapa Fitur Baru

Wiku Baskoro - 27 September 2010

Tonehighway, yang merupakan layanan musik via web yang dapat membantu pengguna menemukan, mendengarkan dan membagikan berbagai jenis musik ke jejaring sosial yang sedang populer seperti Facebook dan Twitter, kini meluncurkan versi alpha 0.2 mereka.

Tonehighway menyediakan alat pemutar musik via web yang sampai saat ini berisi berbagai musik yang dimainkan oleh band atau pemusik sidestream serta pemusik yang berangkat dari dunia musik sidestream namun kini telah mengembangkan cakupan musik mereka ke mainstream.

Selain perubahan pada segi tampilan dan menu utama, versi alpha 0.2 ini juga menyediakan beberapa fitur baru. Untuk UI, seperti yang dijelaskan Noudie dari Tonehighway, UI mereka mengalami re-design, meski dengan tampilan yang masih senada dengan versi public alpha, yang pernah dibahas di DailySocial, ada beberapa perubahan seperti perpindahan posisi tombol player yang dulu ada dibawah kini berpindah keatas.

Dibagian atas kini terdapat beberapa pilihan menu, seperti untuk melihat direktori pemusik, fungsi pencarian serta kompilasi lagu-lagu yang ada di Tonehighway. Selain itu, di area tombol player, yang berfungsi untuk pause/play lagu, kini terdapat juga drop-down menu untuk memberi komentar, mengunduh lagu, fitur bookmark, serta tombol untuk membagikan lagu yang sedang diputar ke jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter, untuk menggunakan beberapa fasilitas ini, pengguna diharuskan untuk mendaftar dahulu, setelah login baru mereka bisa memberi komentar, mengunduh lagu atau menjalankan fitur lainnya.

Fasilitas pendaftaran ini juga merupakan salah satu penambahan yang paling signifikan pada menu utama, seperti yang dijelaskan Noudie, kini Tonehighway membuka akes bagi pengguna untuk sign-up, ada tiga tipe pengguna yang disediakan, Listener, Artist, atau Label.

Setiap kategori pengguna ini akan mendapatkan fasilitas yang berbeda-beda, misalnya untuk pengguna yang mendaftar sebagai Artist, maka nantinya mereka akan memperoleh alat analisis yang bisa digunakan untuk melihat performa lagu, album, serta keterangan tentang lagu mereka yang berkaitan dengan jumlah unduhan, jumlah pencarian atas lagu atau artis, serta berapa kali lagu mereka dibagikan oleh pendengar.

Seperti yang pernah saya tuliskan pada artikel DailySocial sebelumnya, salah satu permasalahan yang ditemukan layanan seperti Tonehighway untuk pengguna lokal adalah masalah jaringan internet, dimana akses internet sangat berpengaruh pada kenyamanan mendengarkan lagu di Tonehighway, namun kini mereka telah melakukan perbaikan pada kompresi audio dalam hal bit rate untuk meminimalisir buffer time.

Seperti yang dijelaskan Noudie, 'hal ini juga untuk menambah proteksi terhadap kemungkinan piracy, karena file audio yang di-stream berbeda dengan file audio yang di download (stream file memiliki bit rate lebih rendah dibandingkan yang di download).'

Selain itu Tonehighway versi alpha 0.2 ini juga mengalami perbaikan dalam hal optimasi SEO untuk peningkatan performa pencarian oleh mesin pencari. Anda juga kini bisa mendengarkan lagu dari menu 'compilation', dimana akan ada beberapa pilihan lagu yang telah diatur berdasarkan ketegori tertentu misalnya, pilihan editor, atau berdasarkan rating oleh penguna lain.

Meski tampilan utama dari Tonehighway ini masih tetap membuat kita teringat pada layanan sejenis seperti Thesixtyone.com, namun beberapa penambahan fitur versi terbaru ini cukup membantu dalam menikmati lagu yang ada di Tonehighway, antara lain yaitu fasilitas pencarian yang kini telah bisa digunakan. Fitur ini akan mempermudah jika Anda ingin mencari artis tertentu tanpa harus menggesar secara manual dari player utama.

Yang kedua adalah fasilitas buffer time yang telah diperbaharui, kini kalau Anda bisa mengulang sebuah lagu dibagian tertentu, layaknya pemutar musik desktop atau YouTube. Meski sistem buffer time telah diperbaharui, saya akui jaringan internet yang lambat masih cukup mengganggu, namun telah jauh lebih baik dari versi Tonehighway sebelumnya.

Berbagai tambahan fitur sosial seperti komentar serta pemberian rating, bisa menjadikan proses interaksi akan lebih seru lagi, dan menjelaskan arah perkembangan Tonehighway untuk menjadi User-Generated web-app, dimana interaksi dan kontribusi pengguna menjadi salah satu unsur yang difasilitasi secara dominan.

Tonehigway juga kini telah masuk dalam tahap pengembangan versi alpha 0.3 dengan penambahan berbagai fitur lain, salah satu fasilitas yang menurut saya harus mereka siapkan adalah bank lagu, tidak semua pendengar dari Tonehighway seperti saya, yang rata-rata menyukai musik yang terdapat di Tonehighway, dan tidak akan cepat bosan dengan koleksi pemusik yang baru berjumlah 37. Koleksi lagu dan pemusik adalah salah satu hal yang harus juga diperhatikan dan diusahakan untuk bertambah secara berkelanjutan, jangan sampai tiga/empat kali pengunjung mengakses Tonehighway dan merasa bosan dengan koleksi lagu yang mereka sediakan.

Untuk Anda yang tertarik dengan versi alpha 0.2 bisa langsung mengakses Tonehighway.com dan jangan lupa untuk berbagi pendapat, kritik untuk Tonehighway pada kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter