18 April 2014

by DailySocial

TopiToga Tawarkan Wadah Interaksi Antar Sesama Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, wadah berkomunitas dan berinteraksi antar sesama mahasiswa bisa dikatakan menjadi hal yang cukup wajib dilakukan untuk saling bertukar informasi seputar dunia perguruan tinggi. Di ranah online, hal ini tentu mudah dilakukan dengan platform sosial media, namun jika platform tersebut dirasa kurang pas, ada baiknya mencoba layanan satu ini yang bernama TopiToga. Layanan ini menyediakan wadah interaksi lengkap antar mahasiswa dan juga dosen.

Apa yang ditawarkan TopiToga cukup singkat dan padat. Seperti layaknya situs forum atau sosial media, TopiToga menyediakan tempat yang khusus untuk para mahasiswa berinteraksi, bertukar pikiran, berbagi info, dan hal lain sebagainya seputar dunia perkuliahan dalam satu tempat. Di TopiToga tak hanya kalangan mahasiswa saja yang bisa berinteraksi namun bagi sang dosen juga bisa ikut di dalamnya.

Wadah interaksi yang disediakan tidak bersifat umum. Dalam TopiToga, interaksi yang dilakukan hanya terbatas pada setiap fakultas atau program studi dari beberapa universitas di Indonesia. Jadi, ketika ingin mendaftarkan akun, pengguna diwajibkan untuk memasukkan keterangan perguruan tinggi dan program studi yang diikutinya. Untuk saat ini, TopiToga (mungkin) baru menyertakan daftar sejumlah universitas di enam provinsi di pulau Jawa yaitu Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Daftar perguruan tinggi yang ada tampaknya cukup lengkap dan juga disertai dengan pilihan program studinya.

Setelah tergabung, secara otomatis pengguna akan memiliki halaman profil sendiri dan masuk ke dalam satu kanal khusus yang sesuai dengan universitas dan fakultasnya. Di sini lah kegiatan interaksi antar sesama civitas dilakukan. Jika sudah login, pengguna akan masuk ke halaman awal. Di sini terdapat tiga kanal yang bisa dipilih yakni kanal Home, Profile, dan Forum. Jika sudah familiar dengan situs sosial media, kanal-kanal ini tentu semestinya dapat dipahami dengan mudah.

Layanan utama TopiToga bisa dilihat pada kanal forum. Di sini pengguna bisa menjelajah lima sub forum yang disediakan yang terdiri dari QuestionArticlesEventsMembers, dan Voice. Kelima sub forum ini tentu memiliki topik masing-masing yang mendukung interaksi antar sesama mahasiswa satu fakultas. Info yang bisa diberikan sangat luas mulai dari pertanyaan, artikel terkait seputar program studi, info universitas, hingga informasi berbagi acara antar mahasiswa.

Selain wadah interaksi, di Topitoga pengguna juga bisa menemukan informasi lain seperti profil lengkap dari sejumlah universitas di beberapa wilayah di Indonesia, dan juga WikiDictio. WikiDictio berfungsi sebagai kamus akademik yang bermanfaat bagi pencarian definisi istilah-istilah akademis yang kadang membingungkan.

Dengan layanannya yang sedemikian rupa, TopiToga sebenarnya hanya mengambil sedikit celah yang sebenarnya dapat juga dilakukan dengan mudah pada platform sosial media. Dengan mengandalkan layanan yang diperuntukkan khusus kalangan perguruan tinggi, tampaknya TopiToga akan sedikit sulit menjaring minat yang luas dari pengguna. Fitur yang disediakan cenderung minim dan tak banyak yang bisa dilakukan di dalam TopiToga selain melihat posting dari beberapa teman satu fakultas.

Konsep yang diusung sebenarnya sudah cukup bagus, namun sayang TopiToga berkesan seperti kurang dikemas dengan baik dengan minimnya fitur yang disediakan. Sangat sayang jika startup seperti ini malah nantinya mungkin akan jalan di tempat, untuk itu yang diharapkan TopiToga mampu menawarkan kelebihan lain yang bisa menarik minat banyak pengguna.

[ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.