Categories

Gadget

Toshiba Umumkan Satellite Radius 12, Laptop 2-in-1 dengan Layar 4K

Glenn Kaonang - 3 September 2015

Windows 10 sudah tersedia cukup lama, sehingga sudah saatnya konsumen mendapatkan laptop yang benar-benar dirancang untuk sistem operasi anyar tersebut. Toshiba pun bergerak cepat dengan memperkenalkan Satellite Radius 12 di hadapan pengunjung event IFA 2015.

Yang saya maksud dengan “benar-benar dirancang untuk Windows 10” adalah, laptop ini sudah mendukung semua fitur baru yang dibawa OS tersebut. Utamanya adalah Windows Hello, teknologi biometrik yang memanfaatkan kamera inframerah untuk mengenali wajah penggunanya.

Selanjutnya, masih terkait standar-standar terbaru di dunia teknologi, Radius 12 telah dibekali dengan sebuah port USB-C. Tapi supaya tidak merepotkan pengguna dengan sederet adapter, Toshiba juga menyematkan sepasang port USB 3.0. Semua ini dikemas dalam desain serba aluminium yang cukup ringkas, dengan bobot kurang dari 1,2 kg dan tebal sekitar 1,5 cm.

1,5 cm? Kedengarannya tebal sekali untuk standar laptop modern? Well, perlu diingat bahwa Toshiba Satellite Radius 12 ini merupakan laptop 2-in-1, yang berarti layarnya dilengkapi engsel khusus sehingga pengguna bisa memutarnya 360 derajat, alias menyulapnya menjadi sebuah tablet dalam sekejap.

Info menarik: Toshiba Serbu Pasar dengan Sejumlah Laptop Windows 10 Terbaru

Bicara soal layar, Satellite Radius 12 ini sungguh istimewa. Layar sentuh berbentang 12,5 incinya tak cuma dilengkapi teknologi IPS, tetapi juga resolusi 4K (3840 x 2160 pixel). Layar ini dilapisi oleh kaca Gorilla Glass NBT, yang diklaim lebih tahan goresan daripada kaca soda lime hingga 8 – 10 kali lipat. Tidak cukup sampai di situ saja, 100 persen spektrum warna Adobe RGB bisa ia sajikan, dan sertifikasi dari Technicolor pun berhasil ia kantongi.

Untuk menampilkan grafik setajam itu, Toshiba pun memercayakan prosesor Intel Core generasi keenam, yang baru saja diperkenalkan secara resmi kepada publik. Intel sendiri yakin bahwa prosesor ini sanggup mengolah grafik dalam resolusi 4K tanpa memerlukan bantuan dari kartu grafis eksternal, tapi di saat yang sama juga lebih irit daya.

Toshiba Satellite Radius 12 rencananya akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat pada kuartal keempat tahun ini, tanpa tanggal yang pasti. Sejauh ini juga belum ada informasi terkait banderol harga maupun ketersediaannya di kawasan lain. Namun kalau melihat spesifikasinya yang begitu heboh – meski belum semuanya – saya mengira harganya bisa menembus angka $2.000. Semoga saja saya salah…

Sumber: Toshiba via Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter