25 August 2014

by Yoga Wisesa

TouchPico Bisa Mengubah Permukaan Datar Menjadi Perangkat Layar Sentuh

Teknologi mobile tidak pernah berhenti mempesona kita. Kini sebuah perangkat kecil menawarkan konsumen keleluasaan untuk bekerja dan menghibur diri dengan segala fitur-fitur dan kecanggihannya. Tapi bagi sebagian orang, inovasi harus terus diciptakan. Dan beberapa metodenya ialah menggabungkan beberapa ide yang sudah ada.

Mengkombinasi konsep device pintar dengan proyektor, satu tim inventor multinasional memperkenalkan TouchPico. Ia merupakan proyektor mungil yang bisa mengubah permukaan benda menjadi layar sentuh interaktif berukuran besar - seperti versi sederhana dari display hologram buatan Tony Stark di film Iron Man.

TouchPico memungkinkan Anda men-streaming dan memproyeksikan konten perangkat mobile. Tapi kemampuannya tidak sampai di sana: biasanya teknologi proyektor bersifat pasif, dan kita hanya dapat melihat output-nya saja. Dengan TouchPico, untuk pertama kalinya kita juga bisa 'bermain-main' dengan hasil proyeksi.

Perangkat ini memiliki dua bagian: device TouchPico sendiri dan stylus-nya. Tempatkan TouchPico di meja, lalu tinggal sambungkan ke smartphone untuk memproyeksikan konten handset di medium datar - contohnya tembok atau layar proyektor standar. Lalu stylus akan berperan sebagai jari Anda dalam menavigasi dan mengakses berbagai aplikasi tanpa perlu menyentuh smartphone.

 

Info menarik: MisTable, Teknologi Interface Kombinasi Hologram dan Layar Sentuh

 

Stylus tersebut memanfaatkan teknologi pendeteksi sinar inframerah. Ia memancarkan inframerah, kemudian sinyal akan dibaca oleh kamera build-in TouchPico untuk diproses dan diubah menjadi koordinat sebagai input di handset. TouchPico mampu menghadirkan layar berukuran 80-inci, berkali-kali lebih besar dari perangkat mobile yang Anda miliki.

Kemampuan tersebut membuat TouchPico bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang demi membeli proyektor besar. TouchPico ialah device Android mandiri yang dapat disambungkan ke perangkat lain, termasuk Windows PC dan Mac. Anda bisa mengunduh segala jenis app dari Google Play dan menggunakannya seperti device pintar lain.

 

 

Info menarik: [Review] Gigabyte Brix Projector BXPI3-4010

 

Ia sempurna untuk presentasi kerja hingga edukasi: bayangkan, eBook interaktif yang tersedia di Android dan Apple dapat dinikmati bersama-sama oleh para siswa, tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Pengguna tidak lagi membutuhkan papan tulis, tinggal arahkan TouchPico ke tembok kosong, buka aplikasi gambar, dan mulai tuangkan segala ide Anda dengan stylus-nya.

TouchPico tentu sangat mendukung fungsi hiburan seperti menonton film favorit keluarga di lokasi manapun yang Anda inginkan. Hal sama dapat diaplikasikan untuk ber-gaming, silakan nikmati Angry Birds di layar 80-inci tanpa menyambungkannya ke HDTV. Perangkat ini mempunyai ukuran hampir sebesar Samsung Galaxy S4 - sedikit lebih berat, tapi tetap mudah diselipkan ke kantong.

Seluas apa segi konektivitasnya? Selain dukungan platform Android 4.0, ia memiliki slot output audio, slot SD card, sambungan Wi-Fi, HDMI dan mendukung wireless mouse. TouchPico menghasilkan proyeksi cahaya 80 lumen. Belum puas? Sang developer juga sedang mengembangkan varian yang lebih canggih, yaitu TouchPico Pro, dengan tingkat kecerahan 400 lumen.

Proses penggalangan dana TouchPico masih berlangsung di Indie Gogo. Di sana, ia dibanderol US$ 630 (rencananya versi retail akan ditawarkan seharga US$ 988).