Categories

Gadget

TourBox Ibarat Game Controller-nya Para Ilustrator Digital

Dilengkapi deretan tombol dan kenop yang customizable untuk menggantikan peran keyboard pada Adobe Photoshop, Lightroom, maupun PaintTool SAI

Glenn Kaonang - 15 October 2018

Mengedit foto di komputer sebenarnya hanya memerlukan mouse, akan tetapi kehadiran alat bantu macam Loupedeck sangatlah membantu ketika kegiatan tersebut sudah menjadi suatu rutinitas. Loupedeck, bagi yang tidak tahu, bisa diibaratkan sebagai audio mixer, tapi untuk mengoperasikan Adobe Lightroom – dan kini Adobe Premiere Pro CC juga.

Sekarang, muncul produk lain berkonsep serupa, tapi dengan eksekusi yang agak berbeda. Namanya TourBox, dan kalau melihat wujudnya, ia bisa diibaratkan sebagai game controller, tapi untuk para ilustrator digital.

TourBox kompatibel dengan Adobe Photoshop, PaintTool SAI maupun Lightroom – dukungan terhadap software lain sudah direncanakan oleh pengembangnya. Deretan kenop dan tombolnya dapat diprogram sesuai kebutuhan, sehingga pada akhirnya bisa menggantikan peran keyboard shortcut sepenuhnya.

Layout TourBox begitu unik, akan tetapi didasari oleh pemikiran posisi yang logis. Kemiripannya dengan sebuah gamepad tampak betul dari tombol D-pad empat arahnya, dan secara default tombol ini bisa dipakai untuk berganti tool.

TourBox dimaksudkan untuk digunakan dengan satu tangan selagi tangan lainnya mengoperasikan mouse atau stylus di atas tablet grafis. Di Photoshop misalnya, pengguna dapat memanfaatkan TourBox untuk mengontrol parameter brush (flow, size, opacity, hardness) tanpa harus melepaskan stylus dari satu tangannya.

TourBox memiliki dimensi yang ringkas (117 x 110 x 30 mm) dengan sasis dari material ABS, sehingga bobotnya pun cukup ringan di angka 386 gram. Ia hanya membutuhkan sambungan USB untuk berfungsi, dan ia kompatibel baik dengan perangkat Windows maupun macOS.

Seperti Loupedeck, TourBox bukanlah perangkat yang wajib dimiliki, akan tetapi kehadirannya bisa sangat membantu efektivitas para pekerja desain. Perangkat ini sekarang tengah ditawarkan lewat kampanye crowdfunding di Kickstarter dengan harga paling murah $89 (40% lebih murah dari estimasi harga ritelnya).

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter