Categories

Gadget

Toyota Singkap Kirobo Mini, Robot Bayi Untuk Menghilangkan Kesepian

Wujud mirip bayi dimaksudkan untuk memberikan kesan bahwa sang robot belum bisa bergerak seimbang, dan kesan rentan itu dapat memincu ikatan emosi

Yoga Wisesa - 4 October 2016

Nama Kirobo mungkin terdengar cukup akrab di telinga Anda. Ia adalah robot astronot Jepang pertama, dikembangkan oleh Universitas Tokyo untuk mendampingi Komandan Koichi Wakata di ISS. Kirobo sanggup mengenal suara dan bisa diajak bercakap-cakap secara natural. Dan kabarnya, Toyota saat ini sedang menggarap versi konsumennya.

Model non-astronot tersebut lebih kecil dari robot asisten Komandan Wakata, itulah alasannya sang robot dinamai Kirobo Mini. Ia masih dibekali kapabilitas memproses bahasa sampai speech synthesis, meski tidak didesain buat beroperasi di kondisi nol gravitasi. Bagi tim Toyota, Kirobo Mini bukanlah sekedar mainan. Ia sengaja dirancang sebagai robot 'bayi sintetis', berfungsi untuk menemani mereka yang kesepian - terkait merosotnya angka kelahiran di Jepang.

Tak hanya meyusutkan ukurannya, wujud Kirobo Mini memang dibuat agar menyerupai versi anak-anak dari Kirobo, dengan tinggi 10cm. Matanya terlihat lebih besar, dan secara keseluruhan tampak lebih lucu. Buat memperkuat kesan ini, robot juga dibundel bersama tas gendong bayi. Melihat dari cara Toyota mempresentasikan Kirobo Mini lewat concept movie, robot mempunyai penyajian serupa Sharp RoBoHon yang dibanderol lima kali lebih mahal.

Via Reuters, chief design engineer Fuminori Kataoka menjelaskan bahwa postur Kirobo Mini sengaja dibuat agak goyah agar mirip bayi. Pendekatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesan bahwa sang robot belum bisa bergerak seimbang, dan kesan rentan itu dapat memincu ikatan emosi. Saat berinteraksi, Kirobo Mini akan mengedipkan matanya, dan mengeluarkan suara bernada tinggi ala anak kecil.

Walaupun robot bukan makhluk hidup, Kataoka mengungkapkan pentingnya memberikan kesempatan bagi manusia untuk berinteraksi, dan bukan sekedar berbicara pada asisten digital seperti Siri atau Google Now. Lewat PCWorld ia menyampaikan, "Anak-anak biasanya berbicara dengan mainan mereka. Meskipun aktivitas ini bukanlah komunikasi sesungguhnya, mainan mampu mensimulasikannya. Itulah alasan manusia lebih mudah bercakap-cakap bersama robot companion ketimbang sistem navigasi."

Teknologi di belakang Kirobo Mini tidak terlalu kompleks. Robot mendengar suara Anda lewat microphone, dibantu app mobile di smartphone. Handset bertugas memindahkan audio ke sistem cloud Toyota untuk diolah (menentukan respons yang tepat), lalu data dikirim kembali ke Kirobo Mini.

Kirobo Mini dijajakan di harga yang sangat terjangkau, hanya 39.800 yen atau sekitar US$ 390, rencananya akan tersedia tahun depan. Tapi agar bisa beroperasi, Anda juga harus membayar biaya berlangganan 300 yen (US$ 3) tiap bulan.

Sumber: Toyota.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter