Categories

Survei

Survei: Di Tahun 2015, Metode Pembayaran Transfer Bank Masih Terpopuler untuk Belanja Online

Jumlah pengguna transfer bank semakin tinggi, sementara Cash On Delivery dan kartu kredit mengikuti di posisi berikutnya

Amir Karimuddin - 26 June 2015

Di tahun 2013, Vela Asia (sekarang Paraplou) sempat merilis preferensi metode pembayaran online konsumen Indonesia. Pada saat itu, transfer bank menduduki posisi pertama, diikuti oleh Cash On Delivery (COD) dan kartu kredit. DailySocial bekerja sama dengan Jakpat melakukan survei serupa untuk melihat bagaimana kondisinya di tahun 2015.

Survei dilakukan terhadap 1002 responden dengan komposisi sekitar 75% tinggal di Pulau Jawa dan memiliki rentang usia 15 hingga 60 tahun. 763 responden mengaku berbelanja secara online dalam tiga bulan terakhir. Kami menanyakan kepada mereka metode pembayaran apa yang dipilih saat berbelanja online tersebut.

Ternyata hasilnya tidak mengejutkan, bahkan semakin menegaskan bahwa metode pembayaran transfer bank adalah metode yang terbaik dan paling dipercaya oleh mayoritas responden. Hampir 75% responden memilih transfer bank. Hanya 13% yang memilih Cash On Delivery, sementara yang memilih kartu kredit adalah 7%.

Kami mencoba menelusuri apakah penggunaan E-Money layanan telekomunikasi (T-Cash, Dompetku, atau XL Tunai) dan pembayaran melalui minimarket sudah mulai disambut masyarakat. Berdasarkan survei tersebut, angka adopsinya masih kecil. Hanya 6 orang (0,79%) yang mencoba membayar melalui minimarket dan 12 orang (1,57%) yang menggunakan layanan e-money telekomunikasi.

Ketika coba dipilah berdasarkan jenis kelamin, 80% kaum perempuan fanatik dengan transfer bank, sementara “hanya” 67% kaum laki-laki yang memilih hal yang sama. Kaum laki-laki cenderung lebih berani mencoba metode pembayaran yang lebih modern, dengan persentase lebih tinggi diperoleh untuk penggunaan kartu kredit dan e-money telekomunikasi ketimbang kaum perempuan.

Jika kita bandingkan dengan hasil yang dipublikasi Vela Asia, komposisinya cenderung tidak berubah. Hanya angka transfer bank yang membesar, sedangkan pengguna COD malah menipis. Penggunaan kartu kredit cenderung stagnan.

Untuk outlook ke depan, tampaknya kondisinya tidak akan bergeser dalam waktu dekat. Saat ditanyakan apakah mereka akan menggunakan metode pembayaran yang sama saat berbelanja online di waktu mendatang, hampir 92% menyatakan “ya”.

Fakta bahwa mayoritas pengguna layanan berbelanja online masih (paling) percaya dengan metode transfer bank membuat semua layanan e-commerce dan marketplace harus berpikir seribu kali jika ingin mendorong adopsi sistem pembayaran digital dan menghilangkan metode pembayaran konvensional ini.


Disclosure: Survei ini adalah hasil kerja sama DailySocial dan JakPat. JakPat adalah platform survei terbuka yang memudahkan pemasar, brand, dan startup untuk terkoneksi dengan 46 ribu responden mobile dan mendapat insight dalam hitungan jam

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter