Layanan internet Ceria milik PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) telah mengubah nama menjadi Net1 Indonesia pasca masuknya AINMT yang berasal dari Skandinavia. Dengan perubahan ini, Net1 mulai memperkenalkan produk yang memanfaatkan teknologi 4G/LTE.

Sejak awal beroperasi, STI adalah satu-satunya operator di Indonesia yang beroperasi pada frekuensi 450MHz dengan jangkauan nasional. Saat ini, jangkauan layanan 4G Net1 berada di Serang, Ambon, Makassar, Bali, dan Lombok.

Secara bisnis, Net1 menyasar pasar dengan teknik yang sama dengan Bolt, portable router dengan konektivitas internet tanpa kemampuan telephony, meskipun areanya berbeda. Bolt berada di Jabodetabek dan Medan.

Kehadiran investor baru rambah teknologi 4G

Usai mendapatkan investor baru yaitu AINMT Holdings (AINMT), perusahaan induk dari AINMT Skandinavia Holdings dan AINMT International Holdings pada tahun 2016 lalu, STI mulai menggarap teknologi 4G. Sebelumnya kelompok AINMT telah mengoperasikan layanan 450MHz 4G LTE di Swedia, Norwegia dan Denmark di bawah net 1 dan ice.net merek, dan juga hadir di Filipina melalui unit jaringan 450MHz lain, Broadband Everywhere (BE).

Dari sisi regulasi, teknologi 4G yang mulai dikembangkan oleh STI dinilai tidak melanggar aturan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Hal ini karena STI telah memiliki izin penyelenggaraan.

“STI tidak perlu izin prinsip lagi, Uji Laik Operasi (ULO) diperlukan hanya  karena penerapan teknologi 4G. Izin penyelenggaraan STI sudah disesuaikan yang memberi kewenangan untuk menerapkan netral teknologi. Jadi setelah ULO, mereka sudah dapat operasional,” kata Anggota Komite BRTI I Ketut Prihadi kepada IndoTelko.

Terkait dengan perubahan nama, BRTI juga menegaskan tidak terlalu berpengaruh dan tidak melanggar aturan yang ada. Hal tersebut dinilai wajar, seperti yang telah dilakukan oleh brand operator telekomunikasi lainnya di Indonesia.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.