Categories

Berita

Transformasi Portal Informasi Kecantikan Female Daily Disambut Positif, Beberkan Rencana-Rencana 2014

Amir Karimuddin - 7 February 2014

Empat hari yang lalu, Female Daily Network mengumumkan secara resmi reorganisasi situs-situs yang dimilikinya. Mereka menutup dua situs, Fashionese Daily dan Travelers Daily, dan menggabungkannya ke Female Daily yang dirilis ulang dengan fokus portal informasi kecantikan. Meskipun cukup mengejutkan sejumlah pembaca setianya, respon pengunjung Female Daily sangat positif dan tercatat adanya kenaikan kunjungan sejak transformasi diumumkan.

Menurut CEO Female Daily Network Hanifa Ambadar, dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kunjungan harian hingga 40% dibandingkan rata-rata sebelumnya. Meskipun bisa dibilang terlalu dini untuk menyimpulkan kesuksesan, peningkatan ini memberikan indikasi bahwa transformasi yang dilakukan sesuai dengan yang diinginkan oleh para anggotanya.

Diakui bahwa sejumlah anggota Female Daily terkejut dengan perubahan ini, tetapi mereka akhirnya menjadi lebih senang karena mendapatkan lebih banyak konten yang berkaitan dengan kecantikan. Selain Female Daily, perusahaan tetap mempertahankan Mommies Daily yang berorientasi tentang kebutuhan parenting dan Clozette Daily yang lebih mengarah ke media sosial.

Transformasi dan Fokus

Berdasarkan evaluasi internal yang mereka lakukan terhadap interaksi 110 ribu anggotanya, informasi kecantikan adalah pendorong kencang pertumbuhan Female Daily. Disebutkan 70% konten yang dikonsumsi dan lebih dari 60% thread dan perbincangan yang aktif berkaitan dengan urusan kecantikan. Melihat pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia yang mencapai nilai total $2,2 miliar, tak heran jika semakin banyak kebutuhan untuk mencari konten dan artikel yang berhubungan dengan hal ini.

Salah satu pendorong keberanian tim Female Daily untuk melakukan perubahan ini adalah masukan dan evaluasi yang diperoleh oleh Hanifa saat memperoleh kesempatan bertemu dengan sejumlah mentor (pengusaha dan investor) Silicon Valley dalam program Endeavor Entrepreneurship di Palo Alto bulan Oktober lalu.

Elemen penting di transformasi Female Daily adalah hadirnya segmen khusus Beauty Review Page. Di sini anggota dapat menemukan direktori komprehensif tentang review dan rating produk kecantikan. Inilah produk baru yang diharapkan menjadi primadona. Diluncurkan sebagai produk beta di bulan November lalu, segmen review telah memiliki lebih dari 1600 konten. Female Daily memberikan jawaban atas kebimbangan perempuan untuk memilih produk-produk kecantikan yang diinginkannya. Tak lupa mereka meningkatkan engagement dengan para anggotanya dengan mengadakan acara Beauty Workshop setiap bulan.

Hanifa menekankan bahwa transformasi ini karena mereka ini menjadi yang terbaik untuk hal yang mereka benar-benar kuasai. Hal ini berdampak positif di kalangan pegawai karenanya semua bergerak ke arahan yang sama. Para pegawai merasa pekerjaannya jauh lebih mudah dengan adanya transformasi ini dan mendukung penuh.

Sebagai “Kaskus-nya informasi kecantikan” di Indonesia, Female Daily membukukan lebih dari 21 juta kunjungan dan 73 juta pageviews sepanjang tahun 2013. Dengan perubahan ini, mereka menargetkan pencapaian traffic hingga dua kali lipat di tahun 2014.

Rencana 2014

Tentu saja transformasi Female Daily tidak berhenti sampai di sini. Female Daily berencana meningkatkan terus kualitas konten dan pengembangan komunitas untuk mendukung target tahun ini. Tahun ini mereka juga memprioritaskan area mobile karena sepanjang tahun kemarin pihaknya melihat pertumbuhan yang signifikan untuk pengaksesan menggunakan perangkat bergerak.

Terkait masalah commerce, Hanifa menjelaskan bahwa hal itu merupakan langkah berikutnya yang logis. Meskipun demikian, mereka menginginkan untuk memenuhi kebutuhan anggota terlebih dahulu. Tim Female Daily berharap bisa memenuhi kebutuhan itu dengan mendengarkan, membuat dan menyelesaikan hal-hal yang diinginkan oleh anggota — tak hanya hal-hal yang Female Daily ingin lakukan.

Didirikan tahun 2010, Female Daily Network telah memperoleh pendanaan dari angel investor senilai $180.000 di bulan Januari 2012.

[Foto: Dokumentasi Female Daily]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter