Categories

Review

Travelcar Hadirkan Layanan Pemesanan Travel di 25 Kota (UPDATED)

Aditya Daniel - 4 November 2014

shutterstock_28844630

Sektor pariwisata termasuk sektor yang memiliki banyak kesempatan untuk terus berkembang, apalagi dengan booming sektor ini di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai startup terus bermunculan untuk menggarap segmen ini, termasuk Travelcar yang melayani jasa pemesanan travel antar kota. Travelcar memiliki fokus berbeda ketimbang sejumlah startup lain yang lebih tertarik mengambil moda pesawat terbang dan kereta api.

Dengan klaim lebih dari 40 vendor travel yang bergabung, Travelcar kini melayani di 25 kota besar di Jawa dan Bali, terutama di kawasan Jawa Timur yang menjadi basis Travelcar. Travelcar sendiri berpusat di Malang. Menurut observasi kami, Travelcar belum menjajaki area Jawa Barat, padahal rute Jakarta-Bandung mungkin merupakan rute perjalanan darat yang paling populer.

Penggunaan Travelcar pun cukup mudah. Tidak hanya melalui desktop, situs Travelcar bersifat responsif dan bisa diakses secara penuh melalui perangkat smartphone atau tablet. Seperti halnya saat mengakses situs reservasi pesawat, konsumen cukup menentukan lokasi asal, lokasi tujuan, dan tanggal keberangkatan. Tidak ada opsi pulang-pergi seandainya konsumen ingin sekaligus memesan rute bolak-balik.

Ada tiga cara pembayaran yang diterima oleh Travelcar. Melalui kerja sama dengan iPaymu, Travelcar mendukung pembayaran melalui ATM dengan 142 bank di Indonesia. Selain itu Travelcar juga melayani pembayaran melalui PayPal. Masih tidak percaya dengan skema pembayaran elektronik? Konsumen bisa membayarkan biaya perjalanannya melalui sopir setelah sampai di tempat tujuan.

Travelcar memberikan fasilitas pelacakan dan real-time live report untuk perjalanan setiap rute partnernya. Hal ini memberikan kemudahan dan kepastian bagi para keluarga atau teman yang menunggu kedatangan kita. Sayangnya informasi tentang travel yang ditampilkan kurang lengkap, misalnya nomor kontak travel yang sedang digunakan.

Tak hanya mempermudah pelanggan, Travelcar juga berusaha membantu para pemilik usaha travel untuk mendapatkan pelanggan. Layanan ini berfungsi sebagai kanal pemasaran bagi pemilik usaha yang membutuhkan bantuan untuk memasarkan kendaraan dan rutenya. Diperlukan minimal 10 armada kendaraan untuk bergabung dengan Travelcar.

Ada inovasi baru yang coba ditonjolkan oleh Travelcar di halaman utamanya, yaitu kemudahan pembelian voucher secara online untuk memudahkan pembayaran. Sayangnya halaman yang dituju masih berupa dummy dan belum bisa digunakan.

Travelcar menjanjikan cara baru memesan travel secara online. Ketimbang kita harus datang ke kantor travel atau mengecek ketersediaan kursi melalui telepon, layanan ini mengotomasi solusi terhadap permasalahan tersebut. Tentu saja layanan ini masih belum sempurna, tapi perluasan kerja sama dengan berbagai macam usaha travel dan pembukan pelayanan terhadap rute-rute baru bakal meningkatkan daya saing Travelcar yang praktis belum memiliki saingan yang sepadan.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Update: Pihak pengembang menginformasikan bahwa pembelian voucher secara online sudah bisa dilakukan di segmen Shop. Selain itu mereka juga memberikan preview terhadap shuttle service yang merupakan layanan terbarunya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id