Categories

Berita

Traveloka Dikabarkan Juga Segera "Go Public", Buka Opsi Melalui SPAC

Menjadi startup unicorn Indonesia kedua yang berpotensi melantai di bursa saham New York tahun depan

Amir Karimuddin - 22 December 2020

Traveloka menjadi startup unicorn kedua yang disebutkan segera melantai di bursa saham. Kali ini mereka lebih terbuka mengungkapkan mempertimbangkan penggunaan SPAC (Special Purpose Acquisition Company) di proses go public-nya. Tidak disebutkan siapa mitra potensialnya, tapi hal ini memastikan Bursa Saham New York menjadi tujuan utama.

Seperti diberitakan Reuters, President Traveloka Henry Hendrawan menyebutkan perusahaan cek kosong SPAC sebagai salah satu opsi yang dievaluasi perusahaan. Henry mengklaim pihaknya telah didekati beberapa SPAC untuk proses ini.

Disebutkan Traveloka sedang mempertimbangkan opsi IPO atau SPAC dan mencari kapitalisasi pasar $5-6 miliar (70-85 triliun Rupiah). Tahun ini Traveloka telah mendapatkan pendanaan $250 juta (3,6 triliun Rupiah) dari sejumlah investor. Opsi SPAC saat ini dianggap memberikan proses go public yang lebih mudah dan cepat ketimbang IPO.

Sebagai startup OTA, Traveloka termasuk pihak yang terkena dampak paling besar selama pandemi. Perusahaan sempat melakukan pengurangan pegawai sepanjang tahun ini, tetapi mereka yakin bisa kembali ke jalur profit tahun  depan dengan fokus perjalanan domestik. Tak hanya di Indonesia, Traveloka juga beroperasi di 5 negara Asia Tenggara lainnya.

Sebelumnya Tokopedia dikabarkan menjajaki potensi go public dengan SPAC Bridgetown Holdings sebagai salah satu opsi mitra. Perusahaan mengonfirmasi telah menunjuk Morgan Stanley dan Citi sebagai penasihat.

Sumber DailySocial memberikan sinyalemen bahwa kedua proses go public ini bakal dilaksanakan dalam waktu dekat untuk memberikan kesempatan exit bagi para investornya yang telah mendukung perusahaan selama 8-10 tahun terakhir.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter