1. Startup

Tren Smartphone Terus Meningkat, Erajaya Mulai Bidik Bisnis Aplikasi Mobile

Sebagai salah satu perusahaan retail smartphone terbesar di Indonesia, Erajaya tetap ambisius dalam rencananya untuk terus berkembang. Berbincang dengan Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing dan Communications Erajaya, menyatakan antusiasme Erajaya untuk berkembang tidak hanya sebagai retailer smartphone, namun juga mulai membidik pasar aplikasi mobile.

Sebagai grup, Erajaya akan tetap fokus ke bisnis utamanya yaitu perusahaan yang melayani distribusi dan retail produk-produk smartphone. Dari data yang dimilikinya, Erajaya melihat bagaimana bisnis penjualan smartphone di Indonesia terus menanjak dengan cepat. "Dari perspektif unit (volume), kontribusinya masih lebih kecil dibandingkan feature phones", pungkas Djatmiko yang mengklaim bahwa smartphone menguasai 28%  pangsa pasar handset di Indonesia dibandingkan dengan feature phone yang menguasai 72%.

Untuk Erajaya, strategi bisnisnya tentu tetap fleksibel mengikuti kemauan pasar, apapun selera dan kebutuhan pasar, Erajaya akan berusaha mengikuti. "Strategi untuk retail adalah lebih fokus pada penjualan smartphone, karena di tingkat retail modern konsumen lebih merasa nyaman bila membeli smartphone di toko-toko yang menyediakan life demo unit" sahut Djatmiko.

Dengan posisinya sebagai distributor dan retail smartphone, Erajaya sebenarnya ada di posisi yang luar biasa strategis di ekosistem mobile. Erajaya juga melihat bagaimana penggunaan aplikasi mobile di Indonesia bertumbuh tiap tahunnya, dan menurut Djatmiko telah membuka potensi pasar yang luar biasa bagi bisnis aplikasi mobile di Indonesia. "Hal ini didukung juga dengan banyaknya orang Indonesia yang menjadi apps developer", kata Djatmiko.

Terus berinovasi, Erajaya tahun kemarin meluncurkan toko retail pertama di dunia yang diklasifikasikan dari OS yaitu Android Nation yang menjual berbagai merek smartphone yang berbasiskan Android. Tahun kemarin juga Erajaya mengakuisisi iBox yang merupakan reseller produk-produk Apple yang melibatkan transaksi sebesar $18 juta.

Dari sisi digital, Erajaya memang tidak bisa dibilang pemain baru, September 2011 lalu Erajaya meluncurkan Erafone yang merupakan jalur penjualan smartphone online dari grup Erajaya sendiri. Djatmiko bahkan mengklaim bahwa situs e-commerce Erafone merupakan yang tertinggi untuk kategori sales handphone di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again