Categories

Internet

Tren Streaming Musik di Indonesia Sepanjang 2015 Menurut Guvera

Total penggunanya sudah mencapai lebih dari 1,15 juta orang

Glenn Kaonang - 16 December 2015

Ada cukup banyak layanan streaming musik yang bisa dinikmati konsumen tanah air, tapi salah satu yang termasuk paling populer adalah Guvera. Kini dalam rangka menutup tahun, Guvera ingin memberikan ulasannya terkait tren streaming musik di Indonesia sepanjang tahun 2015.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Guvera, lagu dengan genre pop dan rock adalah yang paling digemari oleh konsumen Indonesia. Di sisi lain, hashtag #Happy, #Love dan #Mood rupanya juga cukup digemari oleh para pendengar. Tidak terlalu mengherankan, mengingat mayoritas pengguna Guvera di Indonesia adalah para muda-mudi dengan usia di bawah 24 tahun (57 persen).

Dari situ bisa kita ketahui kalau lagu-lagu terpopulernya mencakup nama seperti Ellie Goulding dengan “Love Me Like You Do”, atau Jessie J dengan “Flashlight”. Kendati demikian, saat membicarakan soal playlist, rupanya “100% Indonesia” menjadi yang paling sering didengar sepanjang tahun 2015.

Gelar musisi wanita terpopuler pun juga jatuh pada ‘produk’ lokal yaitu Raisa, disusul oleh Tulus sebagai musisi pria terpopuler. Soal band, Maroon 5 rupanya masih menjadi yang paling digemari oleh para pendengar, namun nama-nama lokal seperti Sheila On 7, RAN dan Ungu pun juga masuk dalam daftar 5 besar band terpopuler di Guvera.

Guvera Year in Review 2015

Jadi sebenarnya bisa disimpulkan bahwa konsumen Indonesia cukup antusias dan bangga dengan karya-karya lokal. Tren ini serupa dengan yang ada di daftar video YouTube terpopuler untuk kategori musik. Singkat cerita, musisi lokal dan musisi internasional bersaing ketat merebut puncak tangga lagu di layanan streaming.

Di sisi lain, tahun 2015 ternyata juga memegang peran penting bagi industri musik. Hal ini ditandai dengan bergesernya cara konsumen Indonesia mendapatkan dan menikmati lagu favoritnya. Tadinya mayoritas diperoleh dengan cara mengunduh secara ilegal, tapi kini sudah beralih ke layanan streaming musik.

Sebagai bukti otentik, total pengguna Guvera yang terdaftar di Indonesia sudah melewati angka 1,15 juta per bulan Desember 2015 ini. Mayoritas mengaksesnya lewat perangkat mobile, khususnya saat sedang berada dalam perjalanan di hari-hari kerja.

Kalau Anda ingin tahu daftar lagu paling top sepanjang tahun 2015, Guvera telah menyiapkan playlist-nya yang bisa Anda nikmati langsung di sini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id