Categories

Berita

Tri Indonesia Jaring Startup Potensial Melalui "Kejar #Ambisiku"

Program inkubator startup yang berisi mentoring dan mendapat bantuan dari pihak Tri Indonesia

Prayogo Ryza - 11 October 2016

Membuat sebuah inkubator tampaknya menjadi tren bagi operator telekomunikasi Indonesia. Setelah Telkomsel, Indosat, dan XL kini giliran Tri Indonesia yang meluncurkan program inkubator untuk menjaring ide, bisnis kreatif, atau startup untuk dikembangkan dan dibantu untuk memasuk pasar mereka. Inkubator ini nantinya akan memberikan bantuan bagi startup berupa kesempatan mentoring dan promosi ke pelanggan-pelanggan setia Tri Indonesia.

Program dari Tri Indonesia ini dinamai Kejar #Ambisiku, sebuah program yang menjadi rangkaian program Tri Indonesia lainnya yang menyasar anak-anak muda yang ingin kreatif, berinovasi, dan butuh aktualisasi diri. Kejar #Ambisiku sebenarnya serupa dengan banyak inkubator lainnya, para startup terlebih dulu harus mengikuti proses seleksi dengan melakukan presentasi di hadapan para juri.

Peserta dengan ide terpilih akan mengikuti bootcamp untuk mematangkan ide dan proposal mereka untuk selanjutnya dipresentasikan kembali di hadapan para direksi Tri Indonesia. Ide atau peserta terpilih nantinya akan mendapatkan bantuan-bantuan dari pihak Tri Indonesia, seperti dana, pemasaran, dan lain sebagainya.

Disampaikan Head of Brand and Communication Tri Indonesia Fahroni Arifin, program ini yang sejatinya sudah berjalan mulai bulan Maret kemarin. Saat ini telah melalui proses seleksi dan inkubasi. Selanjutnya akan ada 5-10 peserta terpilih untuk masuk ke tahap mentoring sampai dengan pemberian dana. Peserta terpilih akan dinilai dari banyak aspek, seperti perencanaan, pengembangan, implementasi bisnis yang bisa berkelanjutan hingga penerimaan produk di pasar.

"Pada tahap finalisasi, tim Tri melakukan mentoring untuk melihat sejauh mana bisnisnya dapat dimonetisasi. Direksi Tri akan menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan pendanaan dan dukungan promosi ke jaringan perusahaan di skala lokal dan global," ujar Fahroni seperti dikutip dari Liputan6.

Fahroni lebih jauh juga menjelaskan bahwa pendanaan yang didapat masing-masing peserta terpilih akan disesuaikan dengan besaran bisnis masing-masing usaha. Nominal bergantung seberapa kuat usahanya dan bentuk bantuan yang dibutuhkan karena Tri Indonesia menilai tidak semuanya terkendala pada pendanaan.

"Apa yang kami lakukan ini barulah sebagian kecil dari rangkaian dukungan Tri untuk ambisi generasi muda Indonesia yang akan kami gelar hingga akhir tahun ini. Artinya, komitmen kami tidak akan berhenti sampai di sini. Kami percaya generasi muda Indonesia dapat menjadi kekuatan hebat dengan talenta dan kreativitas yang mereka miliki untuk mengubah dan menjadikan Indonesia lebih baik," ujar Chief Commercial Officer Tri Dolly Susanto seperti dikutip dari laman resmi Tri Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter