5 January 2018

by Glenn Kaonang

LG Umumkan Trio Robot untuk Memanjakan Tamu Hotel, Bandara dan Pasar Swalayan

Merupakan bagian dari brand baru khusus robot, yakni CLOi, yang dikembangkan secara paralel dengan brand ThinQ

Kita sudah melihat bagaimana LG mencoba mewujudkan visinya menjadi perusahaan AI (artificial intelligence) lewat branding baru berlabel ThinQ. Di saat yang sama, pabrikan asal Korea Selatan ini tidak lupa akan visinya di bidang robotik, yang sejatinya sudah mulai mereka gencarkan sejak setahun silam.

Menyambut CES 2018, LG akan kembali memperkenalkan robot baru. Bukan cuma satu, tapi tiga robot yang dikembangkan secara spesifik untuk kebutuhan komersial di sektor hotel, bandara dan pasar swalayan. Ketiganya merupakan bagian dari brand baru khusus robot LG, yaitu CLOi, yang digarap secara paralel dengan lini ThinQ.

Robot yang pertama adalah Serving Robot, dimaksudkan untuk melayani para tamu hotel maupun lounge bandara dengan menyajikan makanan dan minuman secara cepat dan efisien. Tidak berhenti sampai di situ saja, Serving Robot juga bertanggung jawab mengumpulkan gelas kosong dari para tamunya.

Robot yang kedua, Porter Robot, didesain untuk memangkas waktu pelayanan di hotel. Selain bertugas mengantarkan barang bawaan tamu ke kamarnya, robot ini juga siap melayani proses check-in dan check-out, bahkan sampai ke proses pembayarannya, sebelum kemudian mengantarkan barang bawaan tamu keluar dan sampai di kendaraan yang menjemputnya.

Robot yang terakhir, Shopping Cart Robot, dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman kepada pengunjung pasar swalayan. Sang robot dibekali barcode scanner dan display untuk menampilkan harga produk sekaligus daftar belanja konsumen. Selain itu, ia juga bisa membantu menunjukkan letak suatu produk yang konsumen pilih di aplikasi ponsel.

Ketiga robot ini menyusul jejak Airport Guide Robot dan Airport Cleaning Robot yang belum lama ini sukses menjalani uji coba di Incheon International Airport. Kemudian ada juga Lawn Mowing Robot dan Hub Robot yang baru-baru ini juga diuji di salah satu institusi finansial terbesar di Korea Selatan.

Sumber: LG.