Categories

Gadget

Triple Camera di Smartphone, Gimmick atau Penting?

Akankah triple camera menjadi tren baru?

Lukman Azis - 2 July 2018

Beberapa waktu yang lalu, flagshipHuawei P20 Pro telah hadir di Indonesia. Kemampuan fotografi menjadi fitur andalannya, punya tiga kamera belakang dengan Leica dan sematan Artificial Intelligence (AI).

Apakah smartphone dengan triple camera itu penting atau cuma gimmick dan akankah menjadi tren baru? Tidak cukupkah hanya dengan dua kamera? Mari kita bahas sedikit lebih jauh.

Manfaat dari Tiga Kamera

Enche Tjin selaku Leica Ambassador untuk Indonesia dan pendiri Infofotografi

Dalam acara peluncuran Huawei P20 Pro, Enche Tjin selaku Leica ambassador untuk Indonesia dan pendiri Infofotografi – mempresentasikan pengalamannya menggunakan Huawei P20 Pro.

Sebagai informasi, kamera belakang Huawei P20 Pro meliputi lensa RGB 40-megapiksel (f/1.8, 27mm, 1/1.7″), lensa monochrome 20-megapiksel (f/1.6, 27mm), dan lensa telephoto 8-megapixel (f/2.4, 80mm).

Ya, lensa RGB 40-megapixel, ukurannya sangat besar untuk sebuah kamera smartphone yang mampu menghasilkan kualitas foto yang tajam. Kemudian lensa monochrome 20-megapixel akan memperkaya detail dan membuat warna lebih hidup.

Sedangkan, kalau mau foto yang subjeknya jauh, lensa telephoto 8-megapixel akan aktif. Kita bisa melakukan zoom tanpa mengurangi kualitas gambar dan distorsi. Ketiga lensa tersebut bekerja sama untuk membuat foto yang sangat terperinci.

Jadi, berkat konfigurasi triple camera, Huawei P20 Pro ideal digunakan dalam berbagai kondisi dan keperluan pemotretan. Baik itu landscape yang lebih dramatis dengan dynamic range tinggi, portrait dengan efek bokeh yang indah, menangkap foto candid yang menarik maupun hasil low-light yang lebih baik.

Verdict

Jadi, kenapa smartphone harus punya lensa yang banyak? Menurut saya smartphone dengan satu lensa, ibaratnya menggunakan kamera saku yang lensanya tidak bisa ditukar.

Sementara, smartphone dengan dua atau tiga lensa seperti menggunakan kamera mirrorless. Maksudnya gini, kamera bisa memberikan sudut pandang yang sangat luas berkat lensa wide-angle.

Selain itu, kamera juga memiliki kemampuan untuk zooming berkat lensa telephoto, dan punya kemampuan ala lensa fixed yang mampu mengendalikan depth of field untuk membuat objek lebih menonjol.

Tentu saja, manfaat dari triple camera pada smartphone bukan cuma itu saja tapi juga meningkatnya teknologi augmented reality, misalnya untuk pemetaan 3D dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Kabarnya flagship Samsung Galaxy S10 Plus, LG V40, dan Apple iPhone X Plus yang mungkin akan meluncur pada tahun 2019 nanti juga bakal mengadopsi triple camera.

Sambil menunggu waktu itu tiba, triple camera mungkin juga akan dijadikan fitur unggulan selanjutnya oleh sejumlah pabrikan ponsel pembesut smartphone kelas menengah.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter