Categories

Mobile

Berkat Augmented Reality, Animasi yang Butuh Waktu Pengerjaan 16 Minggu Bisa Diciptakan Secara Instan

Terinspirasi video klip lagu pop klasik "Take On Me" gubahan A-ha

Glenn Kaonang - 28 July 2017

Penggemar lagu pop lawas pastinya mengenal baik lagu berjudul “Take On Me” gubahan band asal Norwegia, A-ha. Kalaupun Anda tidak hafal namanya, saya yakin Anda pernah mendengar beat dan melodi dari lagu ini yang begitu yang catchy. Namun ketika dirilis di tahun 1985, lagu ini rupanya juga datang bersama video klip yang begitu mengenang.

Dalam video tersebut, tampak seorang perempuan yang mendapati dirinya ditarik masuk ke dunia komik, dimana lingkungan maupun orang-orang di sekitarnya terlihat seperti hasil sketsa pensil. Proses pengerjaan animasi dengan mengandalkan teknik bernama rotoscoping ini memakan waktu total 16 minggu.

Percaya atau tidak, efek animasi yang sama kini bisa diciptakan secara instan dengan bantuan augmented reality. Itulah yang ingin dibuktikan oleh developer bernama Trixi Studios. Memanfaatkan tool ARKit yang Apple sediakan untuk iOS 11, mereka mendemonstrasikan hasilnya di YouTube, dimana seluruh efek animasinya berjalan secara real-time mengikuti ke mana arah kamera ponsel diarahkan.

Sebagai perbandingan, berikut video klip Take On Me aslinya.

Cukup mirip, bukan? Yang satu butuh ketekunan selama 16 minggu, sedangkan satunya bisa langsung menyulap rumah Anda menjadi setting video klip tahun 80-an secara instan.

Sayang sekali Trixi bilang kalau mereka tidak berencana merilis aplikasinya ke publik. Pun begitu, setidaknya kita bisa mendapat gambaran terkait seperti apa terobosan-terobosan yang ditawarkan augmented reality yang nantinya bisa membuat kita tercengang.

Sumber: Gizmodo dan Prosthetic Knowledge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter