22 June 2015

by Glenn Kaonang

Truk 'Tembus Pandang' Ini Mengemban Misi Kurangi Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Saat berlibur ke luar kota menggunakan mobil, tidak jarang kita menjumpai truk kontainer di jalanan. Di jalan tol, menyalip truk kontainer mungkin bukan masalah besar, tetapi di jalanan biasa, tindakan ini sangat membahayakan.

Bukan karena truk kontainer tersebut bergerak dengan cepat sehingga susah untuk menyalipnya, tetapi karena ukurannya yang begitu besar dan panjang. Dan yang paling utama, Anda tidak bisa melihat apa yang ada di depan truk tersebut.

Di Argentina, diperkirakan ada satu orang yang meninggal setiap jamnya akibat kecelakaan lalu lintas, dan sebagian besar terjadi saat ada mobil yang menyalip. Melihat kondisi seperti ini, Samsung Argentina merasa tak bisa tinggal diam. Mereka pun menyulap truk-truk kontainernya menjadi prototipe Safety Truck.

Info menarik: Freightliner Inspiration Adalah Truk Raksasa dengan Teknologi Kemudi Otomatis

Sesuai namanya, Samsung Safety Truck dirancang untuk mengedepankan keselamatan. Masing-masing truk ini dibekali kamera di bagian depannya. Kamera tersebut tersambung ke empat monitor yang dipasangkan di bagian belakang kontainer. Singkat cerita, apa yang ada di depan truk dapat dilihat oleh pengendara mobil yang berada di belakang truk, bahkan ketika malam sekalipun.

Dengan demikian, pengendara mobil yang hendak menyalip pun bisa lebih memahami kondisi jalan terlebih dulu. Idenya memang sangat-sangat sederhana, akan tetapi berpotensi menyelamatkan banyak nyawa di jalanan.

Ke depannya, sebelum dikembangkan lebih lanjut, Samsung Safety Truck ini akan lebih dulu menjalani berbagai tes guna mengikuti standar-standar tertentu di negara yang bersangkutan. Menjelang dimulainya tradisi mudik, seharusnya Samsung bisa menguji Safety Truck-nya di tanah air, khususnya di Jalur Pantura di Pulau Jawa. :)

Sumber: Samsung Tomorrow via The Verge.