Google Rilis Aplikasi Keselamatan, Trusted Contacts

Google Rilis Aplikasi Keselamatan, Trusted Contacts

Trusted Contacts memungkinkan pengguna berbagi lokasi secara real time, memberi rasa tenang kepada orang-orang terkasih
Trusted Contact
Trusted Contact

Membuat daftar kontak darurat di dalam ponsel sekarang ini belum cukup untuk membuat Anda sepenuhnya aman. Tapi untungnya, di era serba digital sekarang ini hadir sejumlah piranti lunak yang dirancang untuk memberikan solusi permasalahan tersebut.

Google baru saja meluncurkan aplikasi dan layanan baru bernama Trusted Contacts, sebuah solusi baru yang memungkinkan orang-orang kesayangan mengetahui posisi terkini Anda secara real time. Memberikan rasa tenang, bahwa Anda berada di tempat yang seharusnya. Di dalam situasi genting, fitur yang disuguhkan oleh aplikasi ini bisa sangat berguna. Atau dengan sengaja dipasang ketika anggota keluarga hendak bepergian seorang diri ke lokasi yang jauh.

Ketika aplikasi dipasang di perangkat dan Anda membagikan lokasi ke kontak yang dipercaya, mereka akan dapat melacak keberadaan Anda di atas peta. Untuk mencegah hilangnya jejak atau situasi semacamnya, aplikasi dirancang untuk memberikan notifikasi secara terus menerus guna mengingatkan pengguna bahwa lokasi terkini Anda masih dalam status dibagikan.

Trusted Contacts dapat menampung hingga 50 kontak kepercayaan yang dapat dijadikan tujuan berbagi lokasi kapanpun diinginkan. Anda juga bakal menerima permintaan dari mereka yang ingin melihat posisi terkini Anda.

Untuk meminimalkan resiko, ketika Anda tidak merespon permintaan selama 5 menit, maka aplikasi akan melakukannnya secara otomatis, memungkinkan kontak terdaftar memperoleh informasi lokasi terakhir Anda. Setelah terhubung, kontak tidak hanya memperoleh lokasi terkini tapi juga pergerakan Anda dari waktu ke waktu. Fitur inilah yang membedakan Trusted Contacts dengan aplikasi serupa. Dan bagi yang terganggu dengan isu privasi, aplikasi mempersilahkan pengguna untuk berhenti membagikan lokasi kapanpun mereka mau.

Trusted Contact saat ini baru tersedia untuk perangkat Android. Untuk iOS, Google telah menjadwalkan perilisannya dalam waktu dekat. Tapi belum diketahui kapan tanggal pastinya. Jika Anda ingin mendapatkan pemberitahuan ketersediaan aplikasi untuk iOS, Anda bisa daftar di tautan ini dan menjadi yang pertama mengetahuinya.

Sumber berita Google.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…