Categories

Berita

Trio SPecommerce Indonesia Hadirkan Layanan B2B E-Commerce untuk Brand Global di Indonesia

TSI akan fokus menyediakan solusi one-stop e-commerce untuk brand dan retailer global

Randi Eka - 19 June 2015

TSI fokus pada mengembangkan layanan B2B / Shutterstock

Berusaha mengambil keuntungan dari pertumbuhan pasar e-commerce tanah air, PT Trio SPecommerce Indonesia (TSI) resmi didirikan. Sesuai dengan informasi yang telah diumumkan sebelumnya, perusahaan patungan antara Trikomsel dan SingPost ini memiliki nilai awal $20 juta, dengan kepemilikan saham 67 persen untuk Trikomsel dan sisanya 33 persen SingPost melalui divisi SP eCommerce. TSI akan fokus di sektor B2B memberikan layanan e-commerce end-to-end untuk brand global yang ingin mengembangkan pasar maya di Indonesia.

Dipaparkan CEO Trikomsel Internet Media Andreas Thamrin pada sebuah kesempatan Kamis kemarin, TSI akan menyuguhkan layanan yang akan berdampak di atmosfer e-commerce lokal. Menurutnya, TSI akan terjun menggerus potensi yang selama ini belum banyak dimanfaatkan dalam bisnis e-commerce di Indonesia, yaitu dengan menyediakan layanan omni channel e-commerce untuk perusahaan global dan brand-brand ternama yang akan memasarkan produknya di Indonesia secara online.

TSI akan menyediakan solusi one-stop e-commerce untuk brand dan retailer global dengan tujuan membawa brand yang telah laku keras di pasar offline untuk memaksimalkan momentum e-commerce di Indonesia. Layanan yang akan disuguhkan oleh TSI berupa platform e-commerce, solusi pergudangan, layanan pengiriman, layanan operasional toko, layanan pelanggan regional dan solusi pemasaran.

Terkait dengan target khusus yang akan dicanangkan tahun ini pihak Trikomsel dan SingPost belum mau memberikan keterangan resminya. Yang jelas bisnis mereka akan berporos di pasar e-commerce Indonesia.

Perusahaan di berbagai bidang akan menjadi sasaran dari TSI. Salah satu brand yang sudah mendapatkan manfaat dari solusi TSI adalah Xiaomi dan Huawei, yaitu untuk layanan pergudangan dan pengiriman barang. Saat ini TSI masih banyak mendekati brand asing yang hendak bersinggah di Indonesia.

Andreas juga memaparkan bahwa saat ini sudah ada 10 perusahaan yang siap menjadi klien TSI. Beberapa brand seperti Adidas dan Toshiba dikabarkan juga tengah bernegosiasi untuk menggunakan solusi TSI.

“Sebagai perusahaan regional yang mendorong pertumbuhan e-commerce, penting bagi kami untuk menemukan rekan bisnis yang baik di pasar negara berkembang. Trikomsel memiliki akses dan jangkauan distribusi ritel yang luas di seluruh Indonesia. Trikomsel akan dapat memanfaatkan keahlian kami dalam bidang logistik e-commerce serta inisiatif, dan platform bisnis kami untuk mengembangkan bisnisnya,” ujar Group Chief Executive Officer SingPost Wolfgang Baier.

TSI tidak bermain sendirian. Pihaknya juga banyak menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Untuk solusi pergudangan, TSI merangkul PT Quantium Solusi Logistics Indonesia yang menyediakan sekitar 2.200 meter persegi gudang yang terdapat di wilayah Jakarta Timur.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter