1. Startup

TSM Kembangkan Sistem Operasi ID3 OS Untuk Perangkat Android Lokal

ID3 OS ingin mempermudah ponsel lokal mendapatkan pembaruan sistem operasi

TSM Technologies (TSM) sebagai sebuah design house smartphone lokal baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya sedang menggarap sebuah sistem operasi mobile bernama ID3 OS (dibaca: IDE OS). ID3 OS merupakan sebuah sistem operasi berbasis Android. Dalam pengembangannya, TSM mengungkapkan bahwa pihaknya tidak hanya membumbui dengan pembaruan User Interface (UI), melainkan melakukan pengembangan dari level kernel.

Pengembangan pada kernel sistem operasi memungkinkan TSM untuk mendesain bagaimana sebuah perangkat keras dalam sebuah perangkat dioperasikan. Diungkapkan oleh Direktur Pengembangan Bisnis TSM Joegianto, nantinya ID3 OS ini akan memiliki kecakapan sekelas sistem operasi CyanogenMod. CyanogenMod dikenal sebagai sebuah sistem operasi open-source berbasis Android yang dapat dipasang bebas di smartphone ataupun tablet.

Sebagai design house smartphone lokal TSM menemui isu krusial yang selama ini belum terselesaikan baik oleh pengembang perangkat lokal. Isu tersebut berkaitan dengan sulitnya menghadirkan pembaruan (update) sistem operasi bagi penggunanya. Dan yang selama ini banyak dilakukan oleh produsen lokal ialah memberikan sebuah single-update, artinya sistem operasi yang ditanamkan akan digunakan selamanya pada perangkat tersebut tanpa adanya pembaruan. Sementara sebuah sistem operasi terkadang membutuhkan pembaruan untuk menekan celah dan menyesuaikan dengan perkembangan software yang ada.

Dalam timeline yang sudah disusun, TSM akan meluncurkan sistem operasi terbaru ini pada pertengahan Januari mendatang. ID3 OS akan dihadirkan dalam dua varian, versi Lite dan Premium. Versi Lite dari sistem operasi akan ditawarkan secara gratis, dengan fitur yang tak selengkap versi Premium. Sedangkan versi Premium akan didedikasikan untuk ponsel lokal yang menjalin kerja sama dengan TSM.

Pengembangan sistem operasi ini sejalan dengan komitmen TSM untuk mendukung vendor lokal menciptakan smartphone berteknologi 4G/LTE. Sebagai "arsitek" perangkat pintar, memiliki sistem operasi memberikan keleluasaan lebih untuk meningkatkan inovasi pengembangan perangkat, terlebih jika memiliki kontrol penuh akan akses ke perangkat keras. Untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, TSM bekerja sama dengan Sat Nusa Persada sebagai rekanan produsen ponsel berbasis di Batam dan Qualcomm selaku pengembang chipset smartphone.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again