Categories

Internet

Tujuh Perusahaan Dunia, Termasuk Facebook, Opera dan Nokia, Inisiasi Program Internet(dot)org

wiku - 21 August 2013

Hari ini, Mark Zuckerberg mengumumkan sebuah program kemitraan global bernama Internet.org. Mark menjadi wakil dari tujuh perusahaan dunia lain yang bermitra dan menjadi inisiator (atau founding partners) dari program Internet.org.

Dalam pengumuman resmi disebutkan bahwa Internet.org merupakan kemitraan global dengan tujuan untuk membuat ketersediaan akses internet yang lebih terjangkau bagi masyarakat dunia.

Pada dasarnya program ini akan mengusahakan akses internet bagi mereka yang belum terkoneksi. Mengusahakan dua pertiga bagian populasi dunia yang belum terkoneksi dan memberikan peluang yang sama dengan mereka yang telah menikmati akses internet.

Tujuh perusahaan dunia yang menjadi inisiator (atau founding partners) adalah Facebook, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, Qualcomm dan Samsung. Peluncuran ini ditandai dengan diriliskan situs Internet.org yang menjadi tempat untuk menjelaskan misi dan tujuan serta daftar lengkap mitra program ini. Disebutkan bahwa dalam beberapa minggu ke depan akan cantumkan pula wawancara dengan para pemimpin dan ahli dibidang teknologi serta informasi terbaru atas kegiatan Internet.org.

Tiga tantangan yang menjadi fokus program ini antara lain adalah membuat internet lebih murah untuk diakses. Kolaborasi antara mitra akan dilakukan untuk mengembangkan teknologi yang membuat akses koneksi mobile lebih murah termasuk biaya akses data. Kolaborasi juga memungkinkan pengembangan smartphone harga murah dengan kualitas tinggi serta kemitraan untuk menyediakan akses internet bagi komunitas yang belum tersentuh internet.

Selanjutnya adalah kolaborasi kemitraan untuk menghadirkan penggunaan data yang lebih efisien, misalnya penggunaan data atas akses pada apikasi serta penggunaan internet. Dan yang terakhir adalah program untuk membantu mengembangkan model bisnis baru untuk mendukung akses internet yang lebih mudah.

Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan dunia. Beberapa penggunaan positif internet mengakselerasi banyak hal, selain bisnis juga kegiatan sosial. Namun demikian akses internet belum dimiliki oleh semua orang, baru kurang lebih 2.7 miliar orang (sepertiga penghuni bumi) yang punya akses internet. Seperti yang dituliskan dari situs resmi, menyediakan akses internet untuk semua orang adalah ‘mimpi’ yang sangat besar, kemitraan dari banyak pihak tentunya akan lebih memudahkan usaha ini.

Kita tunggu program detail dari Internet.org, termasuk kerja sama dengan operator lokal karena operator akan juga memegang peran penting dalam program ini. Dan semoga saja Indonesia juga menjadi salah satu negara yang masuk dalam wilayah program, sehingga rekan-rekan kita di area yang masih minim akses internet bisa juga terhubung dan menggunakannya untuk hal positif dan meningkatkan kualitas hidup.

Rilis resmi bisa dilihat di tautan ini, dan bagi Anda yang ingin tau lebih lanjut tentang Internet.org bisa melihat di situs resmi ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter