Beberapa waktu lalu Dailysocial sempat berbincang dengan tim Tukang, salah satu startup di sektor layanan on demand jasa. Dalam kesempatan itu tim Tukang mengungkapkan bahwa di tahun ini mereka akan segera meluncurkan aplikasi mobile untuk membantu memudahkan penggunanya mengakses layanannya. Baru-baru ini aplikasi tersebut resmi hadir di Google Play.

Saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahapan beta atau masih terus dikembangkan. Meski demikian aplikasi Tukang ini sudah menyediakan beberapa fitur pemesanan jasa yang merupakan inti dari layanan ini.

Aplikasi mobile dalam hal ini Android memang menjadi salah satu cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada pengguna atau calon pengguna. Budaya online dan mobile yang mulai tumbuh beberapa tahun terakhir sedikit “memaksa” pada penyedia layanan melakukan pendekatan mobile first, baik melalui aplikasi mobile mau pun dengan situs yang ramah dengan lingkungan mobile.

tukang2tukang3tukang3

Belum ada banyak fitur di aplikasi tukang versi beta ini, tapi fitur untuk memesan jasa sudah tersedia dan di kategorikan masing-masing.  Ada empat kategori yang ditampilkan aplikasi Tukang ini, aplikasi tersebut meliputi jasa air dan gas, jasa cleaning service, jasa service AC dan jasa tukang bangunan.

Semua kategori sudah bisa digunakan, hanya kategori terakhir yakni kategori tukang bangunan yang masih belum tersedia. Kategori sengaja dibedakan karena masing-masing memiliki kebutuhan data yang berbeda-beda.

Kategori cleaning service misalnya, pengguna diharuskan memasukan data seputar tempat yang akan dibersihkan, seperti tipe bangunan, jenis bersih-bersih, luas bangunan, waktu dan informasi lainnya. Sedangkan untuk kategori jasa service AC pengguna diwajibkan memasukkan informasi mengenai jumlah AC dan waktu.

Dari segi desain aplikasi ini cukup mudah untuk dipahami fungsi dan digunakan. Tampilan kategori bisa langsung diakses di halaman depan, lengkap dengan gambar ilustrasi mengenai masing-masing kategori. Selain itu, di bagian kiri atas ada menu yang bisa digunakan untuk masuk (login), beranda, dan menu untuk mengetahui informasi mengenai aplikasi.

Langkah Tukang meluncurkan aplikasi mobile ini merupakan sebuah langkah yang tepat, hanya saja yang tetap harus menjadi fokus utama Tukang adalah kepuasan pelanggan dan kualitas layanan yang mereka tawarkan, mengingat sudah banyak layanan di sektor on demand jasa ini.

Update : Perubahan gambar aplikasi Tukang

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.