Pada tahun 2015 lalu, fitur “Moments” diperkenalkan oleh Twitter ke publik. Tapi, kala itu Moments hanya dapat dicicipi oleh segelintir pengguna, terutama mereka yang berstatuskan rekanan media, seperti New York Times dan BuzzFeed.

Lama diistimewakan, minggu lalu Moments akhirnya dibuat tersedia untuk publik. Artinya, kini semua pengguna Twitter bisa membuat kumpulan tweet atau gambar yang terkait dalam satu topik atau acara yang sama. Berikut adalah tutorial lengkap cara membuat Moments di Twitter buat Anda yang ingin mencoba fitur baru itu.

  • Berhubung Moments baru bisa diakses dari desktop, jadi sekarang letakkan dulu smartphone Anda dan hidupkan notebook. Login ke akun seperti biasa kemudian klik laman profil Anda. Di laman profil, klik opsi Moments yang terletak di urutan terakhir. Setelah itu, baru akan muncul tombol Create new Moment di sisi kanan Anda.

cara membuat Moment di Twitter_6

 

  • Di halaman berikutnya, buatlah judul dan deskripsi Moments, kemudian set cover. Cover ini nanti akan jadi gambar sampul Moments yang Anda buat.
  • Kemudian dalam membuat Moments, Anda boleh mengunggah foto baru atau mengumpulkan tweet yang sudah ada.

cara membuat Moment di Twitter_6

  • Anda dapat memilih tweet berdasarkan beberapa saringan, mulai dari yang Anda sukai, tweet akun tertentu, berdasarkan pencarian atau tautan. Pilih salah satu, dan jika muncul kumpulan tweet-nya, klik tanda centang di sisi kanan atas daftar tweet tersebut.

cara membuat Moment di Twitter_3

  • Jika dirasa sudah cukup, klik tombol Publish di sebelah kanan atas desktop Anda.

cara membuat Moment di Twitter_6

  • Sebelum dipublikasikan, Twitter akan meminta konfirmasi sekali lagi bahwa Anda menyetujui dan mengetahui apa yang selanjutnya akan ditampilkan di dalam Moments. Jika oke, klik tombol Confirm.

cara membuat Moment di Twitter_5

Selesai, Moments secara instan akan muncul di dalam menu Moments. Di tahap terakhir, Twitter juga akan menampilkan jendela tweet yang berisikan judul dan tautan menuju Moments bersangkutan.

Semoga tips ini bermanfaat dan mempermudah Anda yang ingin memanfaatkan fitur baru Twitter tersebut.

Sumber gambar header Hurrdat.