Kemarin kita sudah berhasil membuat situs forum dengan bantuan Softaculous, cukup mudah kan? Dan ternyata semuanya disediakan gratis, Anda tinggal siapkan domain, hosting dan pencet sana dan sini.

Alat dan langkah yang hampir sama juga dibutuhkan jika Anda bercita-cita mempunyai situs jejaring sosial sendiri, seperti Facebook atau yang skalanya lebih kecil, misalnya Bersosial atau SalingSapa.

Persiapan

  • Seperti halnya membuat forum, Anda wajib menyiapkan domain dan hosting. Pastikan nameserver sudah diatur dengan benar. Jika bingung, Anda bisa membaca artikel ini sebagai panduan.

Langkah Pembuatan Situs Jejaring Sosial

  • Login ke hosting Anda, kemudian temukan tool Softaculous. Begitu masuk ke Softaculous, temukan menu Social Networking, kemudian pilih salah satu dari opsi script yang tersedia. Di tutorial ini saya memilih Jcow, karena selain ringan script ini juga populer digunakan. Jika Anda punya pilihan lain, tak jadi soal.

  • Selanjutnya, isi formulir yang kosong. Khusus untuk in directory, jika Anda ingin domain utama yang akan jadi jejaring sosial Anda, maka biarkan kosong. Tapi jika ingin terpasang di subfolder, isi dengan nama yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin formatnya begini: situsanda.com/social, maka isi kotak in directory dengan “social”.

  • Setelah semua formulir terisi dengan benar, klik tombol Install dan tunggu beberapa saat.

  • Ini pertanda proses instalasi script sedang berlangsung.

  • Apabila berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini. Ada dua tautan yang harus Anda catat dan ingat-ingat. Tautan pertama adalah situs Anda, sedangkan tautan kedua adalah tautan menuju ke panel admin, di mana Anda bisa mengganti ikon, menu, nama situs, dan pengaturan lanjutan lainnya.

  • Hasil akhirnya seperti ini. Lumayan cantik, kan?

Setelah proses ini Anda rampungkan, sekarang bereskan dahulu pengaturan terkait nama, desain, menu dan lain-lain. Baru kemudian Anda memikirkan soal promosi dan lain sebagainya.

Sumber gambar header Pixabay.