1. Entrepreneur

Tutorial Menjadwalkan Konten Facebook Fan Page agar Bisnis Tetap Update dengan Facebook Business Suite

Penjelasan terkait langkah serta kiat dalam merencanakan dan menjadwalkan posting konten bisnis di Facebook melalui Meta Business Suite.

Pelaku usaha kecil atau UMKM dituntut mengemban banyak peran agar bisnisnya tetap berjalan baik. Di tengah kesibukan itu, posting konten di laman media sosial sering kali terlupakan. Dengan Facebook Business Suite, pelaku bisnis kini dapat menjadwalkan postingan, agar tetap update di sela-sela aktivitas bisnis yang padat.

Facebook Business Suite atau Meta Business Suite ini merupakan salah satu fitur dari Meta, perusahaan induk yang menaungi Facebook, Instagram dan WhatsApp. Business Suite ini memiliki misi untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola bisnis online secara praktis dan sederhana.

Business Suite menyediakan beragam fitur yang menghemat waktu pelaku bisnis, salah satunya yakni mengorganisir dan menjadwalkan postingan di laman Facebook. Pelaku usaha dapat melakukan perencanaan konten seperti membuat draf postingan dan memajukan tanggal suatu postingan.

Cara Menjadwalkan Posting di Facebook Business Suite

Business Suite memungkinkan pelaku usaha untuk dapat membuat dan menjadwalkan postingan bisnisnya. Dengan begitu, pelaku usaha dapat tetap terhubung dengan pengikutnya, di tengah aktivitas bisnis lainnya yang padat.

Berikut langkah-langkah menjadwalkan postingan bisnis di desktop Business Suite:

  • Masuk ke menu beranda atau halaman utama (homepage).

  • Pilih menu ‘Create Post’ atau buat postingan.

  • Masukkan semua detail postingan Anda, termasuk teks, media, dan tautan serta lokasi opsional.

  • Lihat pratinjau postingan Anda di sebelah kanan. Untuk melihat cuplikan lain, klik menu pilihan di bagian atas jendela atau tanda panah di kanan atas. Anda bisa melihat perbandingan tampilan postingan antara desktop dan ponsel.
  • Untuk menerbitkan postingan nanti, klik tanda panah di samping ‘Publish’ atau terbitkan. Kemudian klik ‘Schedule Post’ atau jadwalkan postingan. Sebagai opsi lain, Anda juga dapat memilih ‘Optimal Times’ untuk mengetahui waktu posting yang direkomendasikan oleh Facebook.

  • Tambahkan tanggal dan waktu yang Anda inginkan untuk menerbitkan postingan. Lalu, klik ‘Save’ atau simpan.

  • Klik ‘Schedule Post’ atau jadwalkan di kanan bawah, jika Anda sudah siap menjadwalkan postingan. Anda bisa melihat postingan pada tanggal penerbitan yang sudah dijadwalkan atau sudah diterbitkan dengan membuka Postingan.

Kiat-kiat Perencanaan Posting Konten di Business Suite

Perlu diketahui, saat membuat postingan melalui Business Suite, pahami foto dan video mana yang memiliki performa terbaik di media sosial yang dituju, baik itu Facebook atau Instagram. Pelajari bagaimana postingan Anda selaras dengan target pasar dan audiens usaha Anda.

Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku usaha dalam merencanakan dan menjadwalkan posting konten bisnis di Business Suite:

  • Luangkan Waktu untuk Membuat dan Menjadwalkan Konten

Sebelum memutuskan untuk mengunggah postingan bisnis di laman media sosial milik usaha Anda, alangkah baiknya untuk melakukan perencanaan konten terlebih dulu. Sisihkan waktu untuk memikirkan ide-ide konten yang engaging untuk menggait target pasar dan audiens yang tepat.

  • Buat Konten yang Multiplatform

Setelah ide-ide konten Anda dieksekusi menjadi sebuah konten, pastikan konten yang dibuat telah suitable untuk berbagai platform media sosial milik usaha Anda.

Misalnya, usaha Anda memiliki laman Facebook dan Instagram. Pastikan konten yang dibuat telah sesuai secara ukuran atau rasio aspek di masing-masing platform. Selain itu, pastikan juga konten yang dibuat sesuai dengan karakteristik audiens di masing-masing platform.

  • Pelajari dan Perhatikan Kinerja Media Sosial

Setelah memahami jenis konten seperti apa yang cocok bagi target pasar atau audiens usaha Anda, pelajari dan perhatikan kinerjanya melalui fitur ‘Insights’. Pelaku usaha dapat memantau insights postingannya melalui Business Suite, agar memahami dan mengoptimalkan performa postingan bisnis di media sosial.

Keuntungan Facebook Business Suite bagi Pelaku Usaha

Aktivitas bisnis di Business Suite memberi keuntungan bagi pelaku usaha, termasuk UMKM dalam mengelola usahanya. Beberapa keuntungan yang diperoleh, antara lain sebagai berikut:

  • Segala Aktivitas Saling Terhubung

Pelaku usaha dapat menghubungkan aktivitas bisnis antara halaman Facebook dengan Instagram bisnis. Mulai dari penjadwalan posting, menanggapi pesan dan komentar, membuat iklan, dan melihat wawasan di Facebook dan Instagram.

  • Menghemat Waktu

Dengan Business Suite, pelaku usaha dapat mengakses segala tools yang digunakan dalam menjalankan bisnis, hanya melalui satu tampilan secara sederhana dan cepat.

  • Bisnis Berkembang

Dengan fitur seperti ‘Insights’ dan ‘Inbox’ atau kotak masuk, pelaku usaha dapat terbantu dalam menentukan prioritas dan menganalisis dampak bagi bisnis

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again