15 December 2015

by Bambang Winarso

Tutorial Pengaturan Jadwal Scan Virus Otomatis di Avast Internet Security 7

Fitur penjadwalan ini memudahkan pengguna untuk secara berkala membebaskan komputer dari virus-virus jahat

Antivirus mempunyai peran penting dalam skema perlindungan pengguna dari berbagai aktivitas ilegal pihak-pihak tertentu. Saya sendiri menggunakan Avast Internet Security walaupun masih yang versi 7.0, namun saya merasa sudah cukup terlindungi.

Seperti kebanyakan program antivirus lainnya, Avast juga mempunyai fitur jadwal scan yang bekerja secara otomatis di hari atau jam yang telah ditentukan tanpa membutuhkan keterlibatan penggunanya lagi.

Di tutorial ini saya akan coba berikan tutorial tentang bagaimana cara membuat jadwal scan virus otomatis di Avast Internet Security versi 7 agar bekerja seperti yang dijelaskan di atas.

  • Jalankan Avast Internet Security di komputer Anda kemudian klik Scan Computer.

  • Di bagian Quick scan atau full system scan, Anda klik menu Settings.

  • Saat muncul jendela popup, klik menu Scheduling. Lalu beri tanda centang pada opsi Schedule this scan. Ubah Schedule Type ke rentang waktu yang Anda inginkan, apakah sehari sekali, seminggu sekali atau sebulan sekali.
  • Sesuaikan opsi-opsi lainnya dengan kebutuhan Anda. Cukup dengan menyelesaikan langkah di atas, Anda sudah bisa mengaktifkan jadwal scan otomatis. Sekarang klik tombol Ok untuk menyimpan pengaturan yang baru saja dibuat.

 

Selesai, sekarang sistem akan mendeteksi dan melakukan eksekusi memindai virus ketika menyentuh waktu yang telah ditentukan.

Sumber gambar header Shutterstock.