1. Startup

TV.com Relay, Satu Lagi Activity Check In

Masih semangat melakukan activity check in, alias laporan kegiatan kita sedang ngapain di internet dengan iming-iming reward badge?

Buat yang belom bosen, kali ini ada situs TV.com ikutan menawarkan layanan yang diberi nama TV.com Relay, yang menjadi ekstensi dari konten utama mereka yaitu informasi dan diskusi seputar acara TV di Amerika Serikat.

Saat sedang menonton sebuah acara di TV, pengguna dapat mencarinya di Relay lalu check in, dan dapat melanjutkan dengan diskusi lewat live chat dengan pengguna lainnya. "Aplikasi" ini sebenarnya hanya berupa mobile web yang beralamat di http://tv.com/relay yang didisain untuk layar sentuh, khususnya iPhone, Android dan Palm Pre. Hebatnya, secara tampilan nggak kalah dengan "aplikasi beneran."

Untuk mempermudah orang ikutan, TV.com menerapkan login lewat Facebook Connect, sehingga pengguna ngga perlu daftar account baru lagi. Untuk mencegah para pemburu badge yang kadang tidak mempedulikan aturan, Relay hanya memperbolehkan check in pada acara-acara TV yang sedang ditayangkan. Pada waktu-waktu lain, maka acara tersebut tidak bisa kita temukan di daftar.

Metode yang bagus untuk mencegah kecurangan, tapi juga sekaligus menutup kemungkinan buat yang nonton secara on demand, baik yang merekam pada DVR, nonton DVDnya, atau mengunduhnya (baik legal maupun tidak).

Secara fitur, layanan ini bersaing langsung dengan GetGlue dan Miso. GetGlue memang memiliki cakupan minat lebih luas seperti buku dan musik, serta memiliki fitur rekomendasi yang kuat. Sedangkan Miso awalnya memfokuskan di film bioskop, dan baru saja memperkuat sistem fitur check in TV-nya dengan memperdalam hingga ke pemilihan episode.

Berikutnya apa lagi ya yang bakal dibuat aplikasi check in-nya? Dan kapan pasar bakal bosen dan melupakan reward virtual seperti badge ini ya? Untuk TV.com ini sepertinya menarik karena bisa live chat dengan para penikmat acara lain saat sedang menonton, walau mungkin malah ganggu konsentrasi nonton. Buat yang maniak check in, silakan dicoba lho.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again