11 June 2015

by Yoga Wisesa

TV Samsung Kini Bisa Jalankan Game PlayStation

Lewat PlayStation 4, Sony berhasil mengamankan namanya sebagai salah satu platform gaming ruang keluarga terbaik hingga beberapa waktu ke depan. Namun jika melihat lebih teliti, kelemahan fundamental console terletak pada keterbatasan upgrade, dan ketiadaan backward compatibility - atau kesanggupan menjalankan konten yang ada pada sistem terdahulu.

Itulah alasannya mereka menyiapkan produk sejenis PlayStation Vita TV hingga layanan cloud PlayStation Now. Ketika PS Now terdengar menjanjikan, nasib kurang menyenangkan menimpa Vita TV. Pada peluncurannya, konten microconsole itu terbatas pada judul-judul Vita saja, berdampak buruk pada respons awal konsumen. Sadar bahwa Now kini merupakan metode terbaik dalam memperluas ekosistem PlayStation, Sony integrasikan fitur tersebut pada TV Samsung.

Mulai tanggal 9 Juni 2015, Anda diperkenankan mengakses konten PlayStation Now dari Samsung Smart TV. Tanpa pelu membeli console atau download, kita bisa menikmati permainan-permainanya. Itu berarti, televisi Samsung tersebut adalah perangkat non-Sony pertama yang kompatibel dengan Now. Tentu supaya bekerja, Anda membutuhkan controller DualShock 4 - tidak dibundel dalam paket TV.

Info menarik: Sediakan Versi 1 Terabyte, Microsoft Turut Menurunkan Harga Xbox One

Untuk sekarang, semua game dalam PlayStation Now ialah judul-judul PlayStation 3, jumlahnya sekitar beberapa ratus buah. Sony berupaya menambah permainan tiap minggu, dan di tahun 2015 ini mereka menyediakan dua cara buat streaming. Bisa dengan berlangganan, atau 'menyewa' game selama empat jam, seminggu, sebulan, hingga 90 hari. Layanan streaming tersebut sebelumnya juga disuguhkan bagi pemilik TV Sony Bravia.

Agar memperoleh pengalaman bermain maksimal, Sony mewanti-wanti kita untuk memfasilitasi internet berkecepatan 5 Mbps lebih. Sayangnya Samsung Smart TV plus PlayStation Now baru tersaji bagi konsumen di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Tidak ada pemotongan fitur, pemain tetap mendapatkan trophy, mode multiplayer online, unifikasi PSN dan Sony Store, serta penyimpanan cloud. Semua sesuai rencana Sony yang diungkap bulan Desember 2014 kemarin.

PlayStation Now di TV Samsung memang dapat jadi jawaban terhadap permintaan atas kemampuan backward compatibility, dan ia juga adalah alternatif gamer platform lain untuk mencicipi permainan-permainan PlayStation 3. Tapi tanpa konten-konten baru, saya masih melihat paket tersebut sebagai pelengkap produk gaming utama Sony, yaitu PlayStation 4.

Biaya berlangganan PlayStation Now dijajakan di rentang harga cukup terjangkau: US$ 20 per bulan, atau US$ 45 untuk tiga bulan. Jadwal lengkap peluncuran program PlayStation Now dapat dilihat di PlayStation.com.

Via The Verge & GameSpot. Header: PlayStation.com. Gambar lain: Samsung.com.