Twitch pada dasarnya sudah bisa dianggap sebagai media sosialnya para gamer. Pun demikian, di luar sesi live streaming, para streamer biasanya memilih Twitter atau Facebook untuk memberikan update, membagikan potongan klip, atau sekadar bersenda gurau lewat sederet meme.

Mulai hari ini, mereka tidak lagi perlu meninggalkan Twitch untuk melakukan itu semua. Twitch baru saja memperkenalkan fitur bernama Pulse, yang pada dasarnya merupakan tempat dimana streamer dan penonton bisa saling berbagi dan berinteraksi. Facebook di dalam Twitch, kira-kira begitu penjelasan paling mudahnya.

Tampilannya sendiri memang sangat mirip seperti Facebook. Teks, link, foto, GIF maupun video yang berasal dari YouTube pun bisa dibagikan di sini, dan para streamer sejatinya bisa berinteraksi dengan para follower maupun penonton yang jarang mengunjungi channel mereka mengingat Pulse dapat diakses langsung dari halaman utama Twitch.

Tampilan Twitch Pulse sangat mirip seperti Facebook / Engadget
Tampilan Twitch Pulse sangat mirip seperti Facebook / Engadget

Streamer dapat membuat posting lewat Broadcaster Dashboard maupun Channel Feed. Post yang dikirim lewat Channel Feed ini akan muncul di halaman utama follower mereka. Konten dalam Pulse disajikan secara kronologis, akan tetapi ke depannya mungkin bisa berubah selagi Twitch tengah menggodok metodenya sendiri.

Twitch Pulse sudah bisa diakses mulai hari ini juga oleh semua pengguna Twitch, atau dalam beberapa minggu ke depan bagi yang belum kebagian jatah. Pulse juga akan tersedia melalui aplikasi mobile Twitch – ini penting seandainya Twitch ingin komunitas penggunanya tidak meninggalkan Twitch di luar sesi live streaming.

Sumber: Twitch Blog.