19 December 2016

by Glenn Kaonang

Twitch Sekarang Bukan Sekadar Platform Live Streaming Game Saja

Mulai tahun depan, pengguna malah bisa menyiarkan video langsung dari aplikasi mobile Twitch

Meski hanya populer di kalangan gamer, Twitch bisa dibilang cukup berkontribusi terhadap mencuatnya tren live streaming yang kita kenal sekarang. Untuk itu, Twitch merasa sudah saatnya mereka membuka pintu gerbang live streaming bagi semua orang, bukan cuma komunitas gamer saja.

Baru-baru ini, mereka memperkenalkan kategori baru bertajuk IRL. Merupakan singkatan dari "In Real Life", kategori ini mengemas semua video non-gaming, dimana pengguna bisa berbagi mengenai apa saja, termasuk vlogging harian, baik yang dilakukan secara live maupun direkam lebih dulu.

Penambahan kategori IRL secara langsung menempatkan Twitch di ranah persaingan dengan Facebook Live dan Periscope. Twitch pada dasarnya ingin komunitas penggunanya tidak cuma aktif ketika berada di depan monitor dan keyboard, tapi juga di mana saja mereka berada.

Misi tersebut akan mereka wujudkan dengan menghadirkan fitur mobile live streaming. Mulai tahun depan, para pengguna dapat menyiarkan video rekamannya secara langsung lewat aplikasi Twitch di Android maupun iOS. Semua video yang disiarkan lewat aplikasi mobile ini akan disatukan ke dalam kategori IRL tadi.

Evolusi ini pada dasarnya membawa Twitch kembali ke era dimana mereka masih beroperasi di bawah nama Justin.tv. Pun begitu, Twitch menghimbau semua penggunanya untuk melabeli video-videonya dengan kategori yang tepat, sehingga nantinya komunitas gamer tidak dibuat kecewa karena platform yang mereka cintai telah berubah menjadi 'platform sejuta umat'.

Watch live video from on www.twitch.tv

Sumber: Twitch Blog.