Categories

Game

Twitch Umumkan Mereka Sedang Diakuisisi Amazon, Bukan Google

Yoga Wisesa - 26 August 2014

Kabar bahwa sang raksasa Google tertarik untuk memiliki Twitch - situs dan layanan video streaming khusus gaming dan eSport - telah beredar sejak awal tahun 2014. Berita tersebut kembali diperkuat bulan lalu, menyatakan bahwa proses akuisisi hampir selesai. Tentu saja hal itu menuai respon pro dan kontra dari komunitas.

Kenyataannya, bukan Google yang selama ini tertarik dengan Twitch, melainkan sebuah perusahaan retail online terbesar di dunia. Beberapa saat lalu, Amazon.com mengumumkan bahwa mereka sedang dalam proses merangkul Twitch untuk menjadi bagian darinya setelah mengeluarkan uang hampir US$ 1 miliar - kurang lebih US$ 970 juta secara tunai. Dan info tersebut juga sudah dibenarkan oleh Twitch.

Pengumuman ini sangat mengejutkan. Sebelumnya, sumber terpercaya Venture Beat dengan yakin mengkonfirmasi bahwa Google-lah yang sedang mengakuisisi Twitch. Walaupun pihak Google dan Twitch sama sekali tidak berkomentar, banyak orang mengira beberapa perubahan kontroversial dalam kebijakan platform Twitch disebabkan pengaruh Google.

 

Info menarik: Google Dilaporkan Sedang Dalam Proses Pembelian Twitch Seharga US$ 1 Miliar

 

Perjanjian antara Google dan Twitch tampaknya tidak pernah terjadi. Dan berbeda dari perkiraan sebelumnya, Twitch dan YouTube tidak akan terintegrasi dalam waktu dekat. CEO Twitch, Emmett Shear menuturkan, "Dengan gembira saya umumkan bahwa kami [Twitch] sedang diakuisisi oleh Amazon."

"Kami memilih Amazon karena mereka percaya dengan komunitas Twitch, kami dan mereka memiliki nilai-nilai serta visi jangka panjang serupa, dan Amazon ingin membantu kita untuk sampai di sana lebih cepat," kata Shear. "Hampir tidak ada yang berubah: kantor kami tetap sama, tim kami tetap sama, dan yang terpenting, Twitch tetap memiliki kebebasan. Tapi bersama Amazon, kini kami didukung sumber daya untuk menyajikan layanan Twitch lebih baik lagi."

Menurut Shear, komunitas gaming sangat berjasa membuat Twitch sukses. Dengan penuh semangat dan dedikasi, khalayak komunitas melambungkan kepopularitasannya dalam waktu singkat, hanya tiga tahun. Hal itu juga membantu tim Twitch memupuk hubungan baik dengan para developer dan publisher, serta menciptakan jenis lapangan baru bagi para pecinta video game.

 

Info menarik: Nvidia Umumkan Shield Tablet Bertenaga Tegra K1 dan Integrasi Twitch

 

Shear mengungkapkan rasa terimakasihnya pada seisi komunitas pada apa yang telah mereka ciptakan, "Terimakasih karena percaya pada kami. Terimakasih telah bertahan melewati masa sulit dan senang bersama kami. Terimakasih untuk segala konten terbaik yang Anda berikan."

Proses akuisisi rencananya akan selesai sebelum tahun 2014 berakhir. Setelah pengumuman ini dibuat, para media internasional langsung mecoba mendapatkan keterangan lebih lanjut baik dari pihak Twitch, Amazon maupun Google. Tapi mereka belum berkenan memberikan komentar.

Dengan strategi jitu, Twitch bisa menjadi pelengkap manis dalam layanan Amazon. Kita tahu mereka belum lama melepas set-top box Amazon Fire TV dipadu controller game wireless, ditujukan untuk menyajikan permain berbasis Android di ruang keluarga. Integrasi Twitch yang lebih komprehensif di dalamnya akan membuat Fire TV jadi jauh lebih menarik bagi gamer antusias.

Via PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter